oleh

Rehab SD Negeri 106811 dari DAK Bermasalah ‎

EKSISNEWS.COM, Percut Sei Tuan – Rehabilitasi bangunan ruang kelas di Sekolah Dasar (SD) Negeri 106811 Bandar Setia, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, yang bersumber dari anggaran dana alokasi khusus (DAK) 2021 diduga dipermainkan oleh oknum-oknum pejabat Dinas Pendidikan Deli Serdang, pelaksana pekerjaan dan konsultan pengawas.

Ini terbukti dari pantauan dilapangan, bangunan rehabilitasi fisik ruang tujuh kelas di  SD Negeri 106811 tersebut tidak sesuai dengan gambar yang tertera dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang sudah ditetapkan.

Beberapa titik fisik bangunan terlihat tidak sesuai gambar dan semestinya harus dibongkar dan diperbaharui sesuai RAB yang ada.

Awalnya konsultan pengawas bangunan di lokasi proyek kepada wartawan menyebutkan kalau rehab sekolah tersebut sudah sesuai RAB yang ada. Konsultan pengawas yang berinisial “DW” tersebut menyebutkan tidak ada penyimpangan yang dilakukan.

“Dimana kesalahannya, semuanya sudah sesuai dengan RAB dan Juknis. Kalau kalian ada data, mari kita laga dengan data yang ada,”tantang DW kepada awak media beberapa waktu lalu.

Setelah adanya temuan dan menjadi konsumsi publik bagi wartawan dan kemudian diberitakan di beberapa media, konsultan pengawas itu, dengan beberapa alasan akhirnya mengakui adanya penyimpangan pada rehab bangunan di sekolah tersebut.

“Ya memang ada kesalahan Bang, ini akan segera kami Bongsor dan perbaiki lagi, tukang bangunan yang terdahulu sudah kami ganti Bang,” ujar DW.

Bukan sedikit anggaran yang di kucurkan pemerintah pusat dari APBN untuk sekolah tersebut. Berdasarkan plank pekerjaan tertulis anggaran rehabilitasi ruang kelas sebanyak 7 lokal berkisar Rp 467 juta.

Suandi Napitupulu selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Dinas Pendidikan Kabupaten Deli Serdang sudah mengakui terjadi kesalahan dalam pekerjaan. Serta mengintruksikan kepada pihak rekanan (pelaksana.pekerjaan) untuk dilakukan pembongkaran. Karena ada kesalahan dalam pekerjaan tersebut.

Menurut Suwandi, hal ini sudah dilaporkan kepada rekanan atau pelaksana pekerjaan tersebut, bahwa dalam pekerjaan pada rehab bangunan di SD Negeri 106811 tersebut tidak sesuai dengan RAB dan Juknis DAK Tahun 2021.

Kabid Pembinaan SD Dinas Pendidikan Deli Serdang Samsuar, saat dikonfirmsi mengatakan bahwa pihaknya telah mengumpulkan pelaksana pekerjaan dan konsultan pengawas dalam proyek rehab bangunan di SD Negeri 106811 tersebut, agar melaksanakan pekerjaan sesuai RAB yang ada.

“Tadi pelaksana pekerjaan dan konsultan pengawas sudah kita kumpulan di kantor, kita meminta agar dilaksanakan sesuai RAB yang ada, yang tidak sesuai RAB kita minta dibongkar dan diperbaiki,” ujar Samsuar kepada wartawanO pada Kamis(30/9/2021) kemarin. (ENC-Cok)

Komentar

Baca Juga