oleh

Asrama Haji Medan, Dijadikan Lokasi Isolasi Terpadu

EKSISNEWS.COM, Medan – Asrama Haji Medan sebagai lokasi pemondokan para calon jamaah haji sebelum diberangkatkan pasa musim haji, mulai hari ini,  Senin (2/8/2021) akan dioperasikan sebagai tempat isolasi terpadu oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) yang memiliki 240 unit tempat tidur diperuntukkan bagi pasien Covid-19 bergejala ringan.

“Hari ini (Senin) kita akan mulai membuka isolasi terpadu di Asrama Haji. Ada 240 kamar untuk pasien-pasien kriteria ringan,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Sumatera Utara (Sumut),Aris Yudharianysah di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Sudirman Medan, Senin.

Dikatakannya, Asrama Haji juga akan menjadi tempat isolasi bagi masyarakat yang terjaring operasi yustisi atau kedapatan tidak patuh protokol kesehatan.

Menurut Aris, masyarakat yang terjaring akan langsung dilakukan swab antigen. Bila ternyata positif akan langsung dibawa ke Asrama Haji, menjalani isolasi.”Pasien-pasien yang tertangkap operasi yustisi, yang tidak pakai masker langsung di swab. Kalau positif langsung dibawa ke sana. Nggak ada alasan,” tegas mantan Kadiskes Asahan itu.

Sementara, Wisma Atlet di kompleks Dispora Sumut, Jalan Pancing yang rencananya turut menjadi tempat isolasi terpadu, belum dapat dilakukan lantaran masih dihuni para atlet yang akan berlaga di PON Papua.”Wisma Atlet masih dipakai atlet PON,” ucapnya.

Terkait persentase keterisian bed occupancy rate (BOR), Aris menyatakan bahwa kondisinya masih berada di angka 60 persen.”Kita Sumut masih 60 persen,” ungkapnya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Musa Rajekshah menyatakan bahwa Pemprovsu tengah menyiapkan tambahan 1.000 tempat tidur isolasi terpadu.

Rencananya Asrama Haji Medan dan juga Wisma Atlet yang berada di kompleks Dispora Sumut yang akan menjadi lokasi isolasi terpadu.”Sudah dan sedang dikerjakan. Hari ini sudah ada pergeseran. Seribu tempat tidur. Paling lama dua minggu ini selesai,” ucap pria yang biasa disapa Ijeck, Rabu (28/7/2021) lalu.(ENC-2)

Komentar

Baca Juga