oleh

Bahhhh….!!! SD Negeri 105323 Batang Kuis Tak Terawat. Tipikor Diminta Usut Anggaran Dana BOSnya

EKSISNEWS.COM, Batangkuis – Walau Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Deli Serdang  Sumatera Utara telah mencanangkan program Deli Serdang Sekolah Bermutu (DESASATU) tetapi program tersebut seperti isapan jempol saja.

Masih ada saja di sana-sini sekolah yang rusak dan dibiarkan tidak dirawat oleh kepala sekolahnya, padahal uang rakyat melalui dana BOS selalu dikucurkan setiap tri wulan dan bisa digunakan untuk perawatan sarana dan prasaran sekolah.

Seperti yang terlihat di Sekolah Dasar (SD) Negeri 105323 Bakaran Batu Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten  Deli Serdang. Gedung SD ini di beberapa titik gedung tidak enak dipandang mata.

Pantauan awak media eksisnews.com dilapangan , Jumat, (17/3/2023) dinding pagar  sekolah sepertinya tidak ada pengecatan , kaca cendela perpustakaan  banyak yang pecah, seharusnya itu harus dirawat karena didalam perpustakaan banyak barang-barang aset negara yang ada di sekolah itu harus dijaga karena ketika hujan bisa saja buku-buku di perpustakaan bisa basah karena air masuk dari jendela, karena kaca cendela tersebut sudah banyak yang pecah.

Kepala SD Negeri 105323 Bakaran Batu Maya Lestari S.Pd saat dikonfirmasi Sabtu(18/3/2023) eksisnews.com mengaku belum pernah melalukan perawatan sekolah selama 2 tahun menjabat sebagai kepala sekolah.
“Belum ada pengecatan Pak, saya masih membuat untuk pengamanan sekolah yaitu jerjak yang di belakang.

Pak Jumakir juga sudah pernah datang ke sekolah kami, kata Pak Jumakir, sekolah kami bagus,” ujar Maya Lestari

Kepala sekolah tersebut juga tidak bisa memperlihatkan papan data penggunaan dana BOS di sekolah yang dipimpinnya.

Koorcam Pendidikan Batang Kuis Suwito saat dikonfirmasi eksisnews.com, Sabtu(18/3/2023) terkait hal tersebut tidak menjawab telepon.

Terpisah, menanggapi hal itu Ketua DPD Lembaga Swadaya Masyarakat ( LSM ) Penjara Indonesia Kabupaten Deli Serdang, Rudianto Sujiwo SH meminta kepada Aparat Penegak Hukum dalam hal ini Tindak Pidana Korupsi ( Tipikor ) untuk segera memanggil Kepala SD Negeri 105323 dan memeriksa anggara dana BOS yang dikelolanya.

“Kita minta aparat penegak hukum yaitu Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) untuk memanggil dan memeriksa Kepala SD Negeri 105323 Bakaran Batu, dan jika terbukti Kepala SD negeri tersebut menyelewengkan dana Anggaran BOS nya, kita minta untuk diproses sesuai hukum belaku,” ungkap Sujiwo. (ENC-Andi)

Komentar

Baca Juga