oleh

Bupati Paluta Disuntik Vaksin Booster Disaksikan Kapolres Tapsel Beserta Sejumlah Muspida

EKSISNEWS.COM, Paluta – Bupati Padang Lawas Utara Andar Amin Harahap menerima suntikkan vaksin booster atau vaksinasi dosis ketiga setelah mendapatkan dosis pertama dan kedua vaksin Covid-19, Selasa (18/01/2022).

Vaksin booster yang dilaksanakan di posko Satgas Covid-19 Kabupaten Padang Lawas Utara disuntikkan oleh petugas kesehatan atau vaksinator dari Biddokkes Polda Sumatera Utara disaksikan oleh Kapolres Tapsel AKBP Roman Smaradhana Elhaj , Pabung Padang Lawas Utara Kodim 0212/TS Mayor (Inf) Takdir Dahalu, Asisten I Setdakab Padang Lawas Utara Syarifuddin Harahap, Danramil 05/PB Kapten (Inf) Jungkarnaen Siregar beserta sejumlah pimpinan OPD Padang Lawas Utara.

Selain Bupati Andar Amin Harahap, vaksin booster juga disuntikkan kepada sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara. “Sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo, Kabupaten Padang Lawas Utara sudah memenuhi syarat untuk melakukan vaksinasi booster, untuk saat ini kita fokuskan untuk ASN sebagai pelayanan publik yang nantinya akan disusul untuk masyarakat lainnya,” kata Andar usai divaksin booster.

Karenanya, ia mengajak masyarakat agar dapat menuju tempat-tempat vaksinasi yang sudah disediakan, sebab saat ini pandemi Covid-19 belum berakhir ditambah lagi dengan sudah masuknya Covid-19 varian baru yakni Omicron.
Ia juga berharap agar semua masyarakat Padang Lawas Utara bisa mengikuti vaksinasi booster ini jika memang sudah divaksin I dan II serta sudah memenuhi syarat atau jangka waktu yang telah ditentukan.

Sementara, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Lawas Utara dr Sri Prihatin Harahap melalui Kabid P2P dr Afrida Henny Simamora mengatakan, untuk vaksinasi booster di Padang Lawas Utara sudah boleh dilaksanakan karena sudah memenuhi syarat antara lain capaian vaksinasi pertama sudah di atas 70 persen, dan vaksinasi bagi lansia sudah di atas 60 persen.
Katanya, untuk saat ini vaksinasi ketiga atau booster di kabupaten Padang Lawas Utara sudah bisa menyasar lansia dan masyarakat umum yang sudah memenuhi syarat untuk mengikuti vaksinasi booster.

“Kita melaksanakan vaksinasi booster ini untuk lansia dan masyarakat umum yang sudah memenuhi syarat yakni sudah mencapai rentang waktu minimal 6 bulan dari pemberian vaksinasi dosis kedua,” terangnya.

Untuk jenis vaksin booster yang digunakan saat ini adalah vaksin jenis Astrazeneca, sebab katanya sebagian besar masyarakat yang sudah memenuhi syarat adalah yang menerima vaksinasi dosis pertama dan kedua dengan vaksin jenis Sinovac. (ENC/P.Hsb/HMS )

Komentar

Baca Juga