oleh

Bupati Samosir Merasa Terhormat Dijadikan Pilihan Kegiatan Pers Sumut

EKSISNEWS.COM, Samosir  – Bupati Samosir, Vandiko Timotius Gultom menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan dari kunjungan Forum Wartawan Unit Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) di Kabupaten Samosir melalui acara diskusi serta aksi pembagian masker dan hand sanitizer kepada warga setempat.

“Kami merasa terhormat menjadi (kabupaten) pilihan untuk pelaksanaan kegiatan ini. Selamat datang di Samosir, kami siap bersinergi dengan insan pers, baik Nasional, Provinsi maupun Kabupaten. Kami berharap kerjasama dengan insan pers dapat menjadi jembatan aspirasi masyarakat dan pemerintahan,” kata Vandiko saat menyambut kedatangan rombongan wartawan bersama Dinas Kominfo Sumut di kantornya, Jalan Raya Rianiate, Pangururan, Senin (29/11/2021)  dikegiatan Kunjungan Pers dan Bakti Sosial Forum Wartawan Unit Pemprov Sumut.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Ketua Badan Pengelola Toba Kaldera UNESCO Global Geopark Mangindar Simbolon, Koordinator Forum Wartawan Unit Pemprov Sumut Khairul Muslim, Plt Kepala Dinas Kominfo Abdul Azis diwakili Kabid Pengelola Informasi Publik Harvina Zuhra beserta jajaran, Ketua Serikat Media Siber Indonesia Sumut Zulfikar Tanjung serta puluhan wartawan.

Dirinya meyakinkan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir membuka diri kepada semua pihak, termasuk media massa. Bahkan kritik dan saran diperlukan untuk mengukur kelebihan dan kekurangan dalam menjalankan pemerintahan.

“Bagi kami tidak perlu berpihak, yang terpenting berimbang. Dan semoga Samosir dapat membawa kesan baik bagi semua, pemandangan alamnya dapat memberikan kenyamanan. Saya juga berharap kedatangan wartawan ini menjadi contoh insan pers yang ada di Samosir,” pungkasnya.

Membuka dialog di ruang pertemuan Kantor Bupati Samosir Jalan Raya Rianiate, Pangururan, Koordinator Forum Wartawan Unit Pemprov Sumut Khairul Muslim menyampaikan apresiasi atas sambutan ramah jajaran Pemkab Samosir di bawah pimpinan Vandiko Timotius Gultom. Apalagi usia muda, menjadikan dirinya cukup fenomenal dengan kemauan kembali ke kampung halaman mengelola daerah.

“Jauh-jauh pulang kampung dan diterima dengan segala perubahan di Samosir. Maka dari itu, kami tertarik untuk datang ke sini, sekaligus dalam rangka menggerakkan pariwisata Samosir,” ujar Khairul.

Kunjungan ini lanjut Khairul, juga dalam menindaklanjuti harapan Gubernur-Wakil Gubernur Sumut Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah, agar wartawan bisa melakukan kegiatan selain menulis berita. Tetapi bagaimana turut memberikan kontribusi bagi masyarakat, terutama pada masa pandemi Covid-19 yang melanda sejak tahun lalu.

“Karena itu kami melakukan Kunjungan Pers dan Bakti Sosial, memilih Kabupaten Samosir sebagai tujuan. Kami ingin mengetahui bagaimana tingkat kepatuhan pada protokol kesehatan, khususnya menjelang hari besar Natal dan Tahun Baru. Selain itu juga kita akan mengeksplor informasi yang berkembang, mudah-mudahan jadi bahan yang bagus,” ujar Khairul.

Senada dengan itu, Plt Kepala Dinas Kominfo Sumut, melalui Kabid Pengelolaan Informasi Publik Harvina Zuhra menyebutkan bahwa kunjungan tersebut diikuti sebanyak 27 jurnalis dari media cetak dan online (daring) yang kesehariannya bertugas meliput di Kantor Gubernur. Sedangkan pilihan daerah yang dikunjungi, mengingat Samosir penting dalam kesuksesan pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Danau Toba.

“Dengan kunjungan pers, wartawan bisa  mengakses informasi langsung melalui sumbernya, dalam hal ini Pemkab Samosir, Pelaku Usaha dan masyarakat. Hasil dari kunjungan ini tentunya diharapkan terbit informasi dalam bentuk berita positif yang akan tersebar kepada masyarakat luas,” jelasnya.

Lebih jauh lagi dalam kegiatan ini tambahnya, wartawan bukan semata hanya  mengerjakan aktivitas jurnalistik, namun juga dilaksakan kegiatan Bakti Sosial. Para awak media ingin ikut berkontribusi dalam kampanye dan sosialiasasi protokol kesehatan terutama kesiapan daerah wisata menjelang natal dan tahun baru.

“Tujuannya agar kita semua berupaya tidak terjadi gelombang ketiga Covid-19 di tanah air. Karena itu, dalam bakti sosial ini akan dibagikan masker dan handsanitizer kepada masyarakat serta pelaku pariwisata, sekolah, yang juga melibatkan wartawan setempat. Mudah-mudahan apa yang kita semua upayakan memberikan manfaat,” pungkas Harvina.

Selain itu, Ketua Badan Pengelola Toba Kaldera UNESCO Global Geopark, Mangindar Simbolon menyampaikan perihal perkembangan dari upaya membenahi kawasan Danau Toba sebagai destinasi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional, Super Prioritas. Yang dalam hal ini, Kabupaten Samosir menjadi daerah yang dikelilingi danau Supervolcano. Dilanjutkan dialog dan tanya jawab bersama insan pers.(ENC-2)

 

Komentar

Baca Juga