oleh

Buruh di Sumut Tolak Omnibus Law Karena Buat Miskin

-SUMUT-51 views

MEDAN, Eksisnews.com – Ratusan massa memgatasnamakan Aliansi Pekerja Butuh Daerah Sumatera Utara (APBD-SU), Kamis (23/1/2020) menggelar demo didepan kantor Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) tuntutan mereka menolak omnibis law yang masih pembahasan, karena rancangan undang-undang tersebut justru mengarah pada memiskinkan buruh kedepannya.

“Omnibus Law itu sedang digodok pemerintah  dengan tujuan dilatar belakangi masuknya investor. Keberadaan investor itu sejatinya buat kesejahteraan buruh, tapi kalau tetaplah dibuat kita miskin untuk apa, lebih baik ditolak,” tegas koordinator aksi APBD-SU dihadapan massa yang sebagian besar membawa spanduk dan poster.

Bahkan, secara tegas disampaikan kembali dalam aksi tersebut, upaya pemerintah yang akan mengesahkan Omnibus law ini, cenderung tidak mengamalkan isi pancasila.

“Maka betul yang dikatakan Rocky Gering bahwa Presiden kita tak paham pancasila, karena pancasila menegaskan dari salah satu ayatnya, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Jadi, pancasila itu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” ungkapnya.

Dikatakannya, pemerintah dalam hal ini ternyata belum berpihak kepada buruh, hak-hak buruh/pekerja yang tertuang dalam UU nomor 13 tahun 2003 dinilai menjadi penghambat investor.

“Seharusnya pemerintah kita memberikan jaminan terhadap rakyatnya, beri jaminan terhadap kerja-kerja buruh, tapi ternyata lewat UU Ciptakan Lapangan Kerja (Cilaka),” sebutnya.

Adapun aksi demo selanjutnya diterima perwakilan Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumatera Utara diruang Rijal Nurdin, untuk mendengarkan seluruh aspirasi massa aksi saat itu.(ENC-2)

Komentar

Baca Juga