oleh

Di Lereng Bukit Barisan, Jejak Sang Prajurit Tinggalkan Kenangan Pembangunan

Oleh: Letkol Inf. Goklas P Silaban
(Komandan Kodim 0206/Dairi)

EKSISNEWS.COM, Dairi – Terik matahari yang menyengat terus membakar semangat para lelaki tegap berpakaian loreng di tengah-tengah kehidupan masyarakat yang berdomisili dikawasan terisolir untuk mewujudkan pembangunan jalan membantu pemerintah daerah (Pemda) dalam meningkatkan meningkatkan pembangunan wilayah.

Semangat membara terus berkobar tanpa kenal lelah, meskipun sebulan harus berpisah dengan keluarga, bagi prajurit yang tergabung dalam Satgas TMMD ke-118 Tahun 2023 Kodim 0206/Dairi Korem 023/Kawal Samudra Kodam I Bukit Barisan bukan masalah,semua itu dilakukan demi Rakyat, demi mensejahterakan rakyat, demi membantu Pemda meningkatkan Pembangunan dan demi Ibu Pertiwi memciptakan pertahanan wilayah.

Para prajurit TNI Polri dibantu masyarakat tersebut sedang melaksanakan pengabdiannya untuk negara dan rakyat dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-118 yang dilaksanakan Kodim 0206/Dairi di wilayah terisolir Dusun Borno/Jumaborno Desa Sungai Raya Kecamatan Siempat Nempu Hulu Kabupaten Dairi Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Meskipun harus berjuang melawan cuaca ekstrem hujan terus menerus di lokasi butuh sentuhan pembangunan infrastruktur jalan tersebut personel Satgas sebanyak 130 orang, Polri 7 orang, dari Pemda Dairi 13 orang dan 20 warga serta dibantu dua alat berat Excavator dan Buldozer terus mengerjakan pembukaan jalan usaha tani (JUT) sepanjang 7500 meter dengan lebar 6 meter.

Sejak dibukanya kegiatan lintas sektoral TMMD 118 pada 20 September 2023, deru suara mesin alat berat terus bergerak melaju membelah perbukitan terjal dikelilingi hutan di lereng kaki bukit barisan.

Dipandu operator dan personel Satgas TMMD, alat berat terus melaju membelahi bukit-bukit dan menyusuri hutan belantara guna mewujudkan pembangunan jalan para petani di wilayah terisolir tersebut.

Dengan mengusung thema “Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat”, TNI AD atas perintah komando atas merujuk Undang-Undang Nomor. 34 tahun 2004 tentang TNI pasal 7 ayat (1), tugas pokok TNI adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara dan tugas TNI dalam Operasi Militer Perang (OMP) juga melaksanakan tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dalam keadaan damai, khususnya dalam kontek ini membantu Pemerintah Daerah (Pemda) dalam pembangunan dan tugas-tugas kemanusiaan, penanggulangan akibat bencana dan untuk kepentingan nasional lainnya.

Di mana sini para personel Satgas selama sebulan mengabadikan diri untuk negara dan masyarakat.Tak pernah kenal lelah,ngeluh semuanya dikerjakan dengan ikhlas dan tulus.Itulah jati diri prajurit TNI.

Kegiatan lintas sektoral untuk mewujudkan peningkatan pembangunan mengatasi kesulitan masyarakat dan membantu Pemda tersebut dilaksanakan dengan mengimplementasikan 7 Perintah Harian Kasad.

Di wilayah Desa Sungai Raya yang memiliki Dusun Borno/ Jumaborno, KM VII, Kuta Delleng, Kuta Mabar, Repelita, Simardame, Sungai Raya, Tapin Dohara dan dusun lainnya tersebut TNI berkoloborasi dengan Pemda dan Polri unsur masyarakat mewujudkan pembangunan di wilayah terisolir di kaki lereng bukit barisan kawasan Kabupaten Dairi Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Dengan penuh semangat dan hati ikhlas personel Satgas mewujudkan keinginan warga masyarakat yang ada di Kecamatan Siempat Nempu Hulu yang memiliki luas area 93,93 Km2 dengan jumlah penduduk 4.199 kepala keluarga dan 19.393 jiwa tersebut.

Pada kegiatan tersebut beberapa warga masyarakat secara sukarela menyerahkan tanahnya untuk dijadikan jalan penghubung antara Desa Sungai Raya ke Desa Gunung Meriah. Hal ini membuktikan dan wujud nyata bahwa masyarakat mendukung kegiatan TMMD dan bukti bahwa Kemanunggalan TNI Rakyat semakin kokoh sesuai thema TMMD 118.

Meskipun hanya dengan anggaran swakelola dari Pemkab Dairi tive 2 sejumlah 900 juta lebih, dan dukungan dari Mabes TNI sebesar 300 juta lebih, TMMD 118 yang dilaksanakan berjalan lancar sesuai harapan dan hasilnya sudah dimanfaatkan warga masyarakat.

Selama kurang lebih tiga puluh hari kegiatan fisik dan non fisik dalam Program TMMD 118 Tahun 2023 dilaksanakan dengan penuh semangat dan ikhkas sehingga kegiatan berjalan lancar dan sukses.

Kegiatan guna mendorong perekonomian dan kehidupan sosial masyarakat khususnya di wilayah Dusun Borno, Desa Sungai Raya tersebut digelar bukan hanya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat petani dan mendukung Pemda saja,di wilayah terisolir tersebut Satgas juga menciptakan pertahanan wilayah yang kuat guna menjaga stabilitas keamanan nasional.

Berbekal keahlian dan semangat pengabdian tanpa batas personel Satgas dibantu alat berat melakukan pembukaan jalan sepanjang 7,5 kilometer dengan rute Dusun Borno masuk ke Dusun Kuta Delleng terus ke daerah Barisan Umpal-umpal kemudian melewati Desa Gunung Meriah dan selanjutnya ke Dusun Sikurawung yang merupakan dusun terpelosok dari Desa Sungai Raya.

Untuk pekerjaan fisik pembukaan jalan usaha tani (JUT) sepanjang 7.500 meter dengan lebar 6 meter serta pemasangan plat beton tuntas semua dan hasilnya telah ditinjau Ketua Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) TMMD 118 Kolonel Inf Iwan Budiarso didampingi Letkol JJI Rinaldo Rusdy S.IP, Danrem 023/Kawal Samudra
Kolonel Inf Lukman Hakim, yang juga bertugas sebagai Penanggung Jawab Keberhasilan Pelaksanaan (PKP) TMMD ke-118 Kodim 0206 /Dairi, sekaligus memberikan bantuan berupa Alat Pengering Jagung, Pupuk Cair BIOS 44, dan Paket Sembako kepada masyarakat setempat.

Sedangkan untuk kegiatan non fisik berupa Penyuluhan Bela Negara, Penyuluhan Wawasan Kebangsaan, Penyuluhan Pertanian, Penyuluhan Kamtibmas, Penyuluhan Agama,
Penyuluhan Hukum, Penyuluhan Narkoba, Penyuluhan Perikanan, Penyuluhan Lingkungan Hidup, Penyuluhan KB, Penyuluhan Stunting, Posyandu dan Posbindu PTM, semuanya berjalan sukses dan lancar sehingga masyarakat Desa Sungai Raya apresiasi dengan personel Satgas.

Selain itu dalam kegiatan TMMD 118 Kodim 0206/Dairi juga memberikan bantuan sembako, sarana olahraga, bantuan untuk anak-anak sekolah, kegiatan bakti sosial pengobatan gratis dan lainnya.

Kegiatan lintas sektoral TMMD merupakan upaya kita bersama dalam melestarikan warisan budaya para pendahulu kita, yang selalu bekerja sama bahu membahu setiap elemen masyarakat dalam setiap kegiatan yang kita kenal dengan sebutan gotong royong.

TMMD hadir bukan hanya sekedar mewujudkan pembangunan semata, melainkan juga mewujudkan pertahanan dan mendukung program swasembada pangan. Kini hasil TMMD 118 Kodim 0206/Dairi meninggalkan kenangan tak terlupakan, “Di Lereng Bukit Barisan Jejak Sang Prajurit Tinggalkan Kenangan Pembangunan”. (ENC-1)

Penulis adalah Komandan Kodim 0206/Dairi

Tulisan ini untuk dilombakan dalam kategori Dansatgas TMMD 118 Kodim 0206/Dairi

Komentar

Baca Juga