oleh

DPRD Medan Dukung Digitalisasi Layanan di Dukcapil

-MEDAN-8 views

EKSISNEWS.COM, Medan – DPRD Kota Medan dukung  kebijakan digitalisasi layanan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Medan lewat program SIBISA  dan keberadaan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri(ADM) di Kantor Camat Medan Marelan.

“Kita dukung digitalisasi layanan  adminduk ini, karena miliki kemauan untuk perubahan layanan,” kata Rudiyanto Simangunsong Ketua Komisi I DPRD Medan, Selasa (19/1/2021).

Keberadaan dua unit ADM (Kecamatan Medan Marelan dan di Kantor Dukcapil) sangat diharap, ujar politisi PKS ini, bisa membantu padatnya jumlah masyarakat yang selama ini melakukan pengurusan di Dinas Dukcapil Medan secara manual.

“Artinya melalui perubahan kebiasaan masyarakat secara manual ke online ini, kita minta juga dibarengi peningkatan kualitas,” tambahnya.

Sama halnya, dikatakan Parlindungan Sipahutar sekretaris Komisi I DPRD Medan perubahan sistem layanan secara digitalisasi melalui SIBISA dan ADM menjadi harapan bersama dalam membantu masyarakat lebih mudah pengurusan adminduk di Kota Medan.

“Kita juga sangat mendukung digitalisasi dari Dinas Dukcapil ini, kita harap ini bantu masyarakat kita yang tidak mesti lagi menumpuk di Kantor Dukcapil,” ujarnya.

Apalagi, dalam peraturan daerah (Perda) Adminduk yang baru ditetapkan di akhir tahun 2020 lalu, sudah menyinggung langkah-langkah kepada layanan digitalisasi itu.

“Hanya saja, kita mendorong itu segera diatur nantinya di Perwal (peraturan walikota),” ujar Ketua Panitia Khusus (Pansus) Adminduk Kota Medan tersebut.

Diketahui, mesin ADM dapat melayani pencetakan hampir seluruh dokumen administrasi kependudukan (Adminduk) secara mandiri, mulai dari e-KTP, Akta Kelahiran, Akta Kematian, Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Identitas Anak (KIA).

Dengan ketentuan, sebelum mencetak dokumen administrasi kependudukan (Adminduk), masyarakat harus terlebih dahulu melakukan permohonan melalui SIBISA yakni di website www.sibisa.pemkomedan.go.id.(ENC-2)

Komentar

Baca Juga