oleh

FP3SU Demo ke DPRD Sumut Ungkap Soal Bagi-Bagi Proyek di Bina Marga

-SUMUT-13 views

MEDAN, Eksisnews.com – Sekelompok massa mengatasnamakan Forum Pemuda Peduli Pembangunan Sumatera Utara (FP3SU), Kamis (13/2/2020) demo ke gedung DPRD Provinsi Sumatera Utara, mereka mengungkap soal adanya kasus bagi-bagi proyek di Dinas Bina Marga Sumatera Utara.

“Ini bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa ada kasus bagi-bagi proyek di Dinas Bina Marga Sumatera Utara, ini terindikasi dengan tindakan korupsi yang melibatkan pejabat-pejabat nomor satu dilingkungan dinas itu,” ujar Irmanda selaku koordinator lapangan FP3SU.

Hal ini ditandai dari adanya prosedur penyalahgunaan wewenang dari Dinas Bina Marga Sumatera Utara yang telah menenangkan tender proyek kepada pihak yang sudah ditentukan lebih dahulu.

“Terlebih ‘deal transaksi’ yang mereka adakan dan setujui diluar kantor, yaitu di Kompleks Perumahan Cita Wisata, pokja pun diatur sedemikian rupa, konspirasi tender penunjukan penunjukkan langsung ini di sponsori oleh Kabid Pembangunan yang turut didukung kadis-nya” ungkapnya kembali.

Artinya, tambahnya, ada pelanggaran prosedural penunjukkan langsung dalam proses tender ini jelas, nyata bermasalah dan melanggar hukum serta merugikan negara, karena tidak bisa dipertanggungjawabkan.

FP3SU hari ini, bebernya, merasa khawatir dengan kondisi seperti ini, proses bagi-bagi proyek seperti ini jelas sangat merugikan negara dan dapat menghambat proses pembangunan infrastruktur di Sumut.

“Kalau kondisi seperti ini tetap dibiarkan oleh penegak hukum, kita khawatir tak akan ada lagi kontraktor yang mau bekerja sama dengan pihak Pemprovsu,” tegasnya.

Untuk itu, FP3SU menuntut dan meminta aparat penegak hukum (Polri, Kejatisu dan KPK) memeriksa pejabat dilingkungan Dinas Bina Marga Sumut.”Kita minta gubernur mencopot pejabat yang melakukan praktik tindakan KKK dan juga meminta dinas tersebut hentikan proses pekerjaan tender pembangunan yang melalui proses kecurangan,” jelasnya.

Adapun, demo tersebut hanya ditanggapi oleh kesekretariatan bidang humas DPRD Provinsi Sumatera Utara, menyusul sebagian besar anggota dewannya sedang melakukan kunjungan kerja di luar kita. Praktis hanya menyisakan Ketua DPRD Provinsi Sumut, Baskami Ginting yang disaat bersamaan menggelar pertemuan bersama komunitas konsumen daging babi Indonesia yang juga turut dihadiri Gubsu, Kapoldasu dan Kejatisu.(ENC-2)

Komentar

Baca Juga