oleh

Ibu Negara Puji Stan Sumut di Dekranas Expo 2024

-Nasional-10 views

EKSISNEWS.COM, Solo – Ibu Negara Iriana Joko Widodo berkunjung ke stan pameran kerajinan tangan dari Sumatera Utara (Sumut) di acara Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Expo 2024, yang berlangsung di Pamedan Mangkunegaran, Kota Solo.

Dalam kunjungannya, Ibu Negara disambut Penjabat (Pj) Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumut Dessy Hassanudin dan Wakil Ketua Harian Dekranasda Sumut Dian Arief Trinugroho. Ibu Negara memuji hasil-hasil karya pengrajin dari Sumut, yang bagus-bagus dan unik.

“Ibu Iriana berpesan untuk memberikan terus pelatihan-pelatihan dan membawa para pengrajin untuk study tour, agar kemampuan para pengrajin terus meningkat. Dengan itu, kualitas produk yang dihasilkan juga akan memiliki kualitas yang lebih bagus lagi,” ungkap Pj Ketua Dekranasda Sumut Dessy Hassanudin, Kamis (16/5/2024)

Dessy menambahkan, akan melaksanakan apa yang jadi pesan Ibu Negara tersebut. Ia juga akan membuat program-program untuk meningkatkan inovasi dan kemampuan para pengrajin yang ada di Sumut.

Usai mendampingi Ibu Negara, Dessy juga berkeliling ke stan-stan kabupaten/kota yang ada di Sumut. Seperti stan Kota Medan, Kabupaten Simalungun dan Kabupaten Batubara.“Rata-rata sudah bagus-bagus dan memiliki ciri khas masing-masing, menarik lah, saya juga ada beli beberapa kain dari Sumut, tadi,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Harian Dekranasda Sumut Dian Arief Trinugroho mengatakan, sangat senang Ibu Negara dapat berkunjung ke stan Sumut. Dengan kunjungan tersebut, Ibu Negara tahu akan keunggulan produk-produk dari Sumut.

“Kita harus bersyukur, Ibu Iriana dapat berkujung ke stan Sumut, apalagi Ibu Negara senang waktu melihat produk-produk yang ada di stan Sumut. Kami pun jadi senang,” ungkapnya.

Menurut Dian, antusias pengunjung juga cukup tinggi untuk melihat stan pameran Sumut, yang menampilkan berbagai produk hasil kerajinan Sumut. Apalagi, produknya bagus dan terbuat dari bahan-bahan pilihan yang terbaik.

“Saya yakin produk-produk kita akan disukai oleh pengunjung, selain produknya bagus dan kualitasnya oke, produk kita itu juga punya ciri khas yang kuat, seperti songket, ulos dan produk lainnya,” ucap Dian Arief.

Disampaikan juga, meski sudah memiliki kualitas yang baik, Dekranasda Sumut akan tetap terus, memberikan program-program peningkatan kualitas para pengrajin, agar para pengrajin lebih sejahtera.”Kita terus berpikir, bagaimana agar para pengrajin di Sumut itu, hidupnya bahagia dan sejahtera, serta  mampu menularkan kemampuannya ke generasi berikutnya, sehingga akan terus terjaga warisan bangsa,” kata Dian Arief.(ENC-2).

Komentar

Baca Juga