oleh

Jalan Rusak Parah,… Pemkab Warning Pengusaha di Medan Estate Akan Portal Jalan Kawasan Unimed

EKSISNEWS.COM, Percut Sei Tuan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang mewarning para pengusaha di kawasan Desa Medan Estate untuk serius dalam menyikapi masalah rusaknya badan Jalan Pasar 5 Barat Desa Medan Estate atau kawasan Unimed, yang saat ini rusak parah karena dilalui truk-truk melebihi tonase yang diduga milik para pengembang di kawasan itu.

Pemkab Deli Serdang berencana akan memportal Jalan Pasar 5 kawasan Unimed dalam waktu dekat ini, jika para pengembang atau pengusaha di kawasan Medan Estate, Kecamatan Percut Sei Tun, yang telah berjanji akan membantu Pemkab Deli Serdang dalam perbaikan atau pembangunan jalan di kawasan Unimed itu tidak memenuhi kesepakatan yang telah dibuat.

Hal tersebut terungkap ketika rapat koordinasi antara pihak terkait dari Pemkab Deli Serdang seperti Dinas PU PR, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Perkim, Pemerintah Kecamatan Percut Sei Tuan dan pemerintahan desa Medan Estate dengan pihak pengusaha di kawasan Desa Medan yakni Pengusaha Citra Land, MMTC dan pengusaha semen merah putih di Aula Kantor Camat Percut Sei Tuan, pada Senin (19/7/2021) siang.

+

“Kami masih memberi tenggang waktu seminggu untuk pengusaha memenuhi kesepakatan yang sudah dibangun, tetapi kalau tidak ada kesepakatan, kami akan memportal jalan itu agar truk-truk melebihi tonase yang membuat jalan rusak tidak.bisa masuk lagi di kawasan itu,” ujar Kadis PU PR Deli Serdang Jonsu Sipahutar kepada wartawan usai rapat koordinasi tersebut.

Pantauan wartawan dalam rapat koordinasi pihak Pemkab Deli Serdang dengan para pengembang di kawasan Medan Estate, pihak Pemkab Deli Serdang ingin mengetahui sejauh mana kesepakatan dibangun olah tiga pengusaha tersebut yang akan membantu dana Rp1,2 M untuk perbaikan dan pembangunan jalan di kawasan Unimed.

Tetapi dalam rapat tersebut tidak ditemukan kesimpulan, karena pihak MMTC tidak hadir dalam rapat dan dikabarkan mundur dari kesepakatan itu. Pihak pengusaha semen merah putih hanya bisa mengucurkan dana RP 150 juta dari Rp400 juta yang disepakati, dengan alasan karena perusahaan lagi dalam kesulitan.

Sementara pihak Citra Land berpendapat tetap komitmen dengan kesepakatan awal yang dibangun antar ketiga pengembang, yang dalam kesepakatan itu, ketiga pengembang siap akan membantu Pemkab Deli Serdang masing-masing pengembang membantu Rp 400 juta untuk perbaikan jalan yang rusak di kawasan Unimed.

Mendengar penuturan dari dua pihak pengusaha, Kadis PU PR Deli Serdang Jonsu Sipahutar menerangkan bahwa Pemkan Deli Serdang tetap akan membangan jalan kawasan Unimed dengan dana APBD dengan rancangan yang telah dibuat.

“Kami dari Pemkab Deli Serdang telah membuat rancangan perbaikan jalan di kawasan itu. Dari rancangan yang telah buat diperlukan dana RP 6 M, untuk pembangunan perbaikan jalan yang rusak di kawasan itu sepanjang satu kilo meter.

Dan setelah rancangan ini kami buat dan kami sosialisasikan, ada itikat baik dari tiga pengusaha di sana yakni MMTC, Citra Land dan pengusaha Semen.merah putih akan membantu Pemkab Deli Serdang akan membantu Rp.1,2 M.

Dari jumlah dana Rp 1,2 M itu, bisa kami perkirakan akan terbantu sekitar 400 meter pembangunan jalan yang sudah rusak yang telah menimbulkan keresahan warga pengguna jalan.

Dalam rapat tersebut Kadis PU PR Jonsu Sipahutar meminta para pengusaha yang telah membuat kesepakatan agar komitmen dalam hal rencana pembangunan dan perbaikan jalan di kawasan Unimed tersebut.

“Kita lanjutkan lagi rapat minggu depan, karena rapat hari ini tidak mendapat kesimpulan. Kepada pihak MMTC yang tidak hadir dan dikabarkan mundur dari kasepakatan, akan kami mempertanyakan hal ini.

Dan dari pihak pengusaha semen merah putih kami minta juga untuk menyampaikan hal ini ke pengusaha untuk mendapatkan keputusan pada rapat minggu depan.

Karena bisa saja jalan tersebut kami portal seperti jalan jalan lain yang sudah kami portal karena rusak parah.
Kepada pihak dishub kami meminta agar mulai sekarang untuk mendata truk-truk melebihi tonase yang melewati jalan dan truk dari perubahan mana. Kami minta ini menjadi perhatian serius, ” ujar Jonsu.

Sementara Camat Percut Sei Tuan melalui Sekretaris Kecamatan Nasib Solichin mendesak para pengembang agar memenuhi kesepakatan yang telah dibangun.

Nasib juga memerintahkan kepada Kepala Desa Medan Estate untuk mendata semua perusahaan yang ada di Desa Medan Estate yang dimungkinkan Mendapat kontribusi lain dalam upaya perbaikan jalan dan pembangunan jalan yang rusak parah di kawasan Unimed. (ENC-Cok)

Komentar

Baca Juga