oleh

Jelang Natal dan Tahun Baru Waspada Barang Kadaluarsa

-MEDAN-12 views

MEDAN, Eksisnews.com – Menjelang Natal dan Tahun Baru 2020, Anggota DPRD Kota Medan Drs. Wong Chun Sen, M.PdB, Kamis (12/12/2019) mengimbau masyarakat agar berhati-hati dengan produk makanan  dan minuman yang ada di pasaran jangan sampai membeli produk kadaluarsa.

“Selain produk kadaluarsa, masyarakat juga perlu mewaspadai produk makanan dan minuman olahan produksi industri rumah tangga dan perusahaan besar yang menggunakan bahan pengawet dari formalin atau zat kimia lainnya termasuk pewarna dan penyedap rasa makanan,” paparnya.

Menyikapi hal ini, Wong berharap agar Dinas Ketahanan Pangan Kota Medan secara rutin dan berkesinambungan melakukan operasi dan pemeriksaan terhadap sampel makanan yang dijual di pasaran agar benar-benar aman untuk dikomsumsi.

Kemudian, untuk masalah regulasi dan harga-harga kebutuhan pokok jelang Natal dan Tahun Baru juga perlu dijaga dan dipantau oleh dinas terkait. 

“Tidak hanya masalah harga, dinas terkait juga perlu melakukan sidak atau pemeriksaan apakah bahan-bahan makanan yang dijual seperti beras, gula, tepung benar-benar aman dikonsumsi. Jangan sampai masyarakat tertipu dan membeli beras yang berkutu atau beras yang mutunya tidak sesuai dengan ketentuan yang ada,” tegasnya.

Lebih lanjut Wong Chun Sen menyampaikan agar masyarakat juga cerdas saat berbelanja dan sedikit agak cerewet untuk bertanya ini dan itu kepada pembeli agar tidak sampai tertipu dengan produk yang sudah kadaluarsa atau makanan olahan yang sudah tidak layak lagi dikonsumsi.

“Semua elemen dalam hal ini perlu saling koordinasi dan saling mengingatkan agar masyarakat tidak dirugikan,” tegasnya.(ENC-JP)

Komentar

Baca Juga