oleh

Jelang Vaksinasi Covid-19 Pertama Sumut, Satgas Lakukan Gladi Resik

EKSISNEWS.COM, Medan –  Jelang pelaksanaan vaksinasi covid-19 pertama  di Sumut pada, Kamis (14/1/2021) sekira pukul 10.00 WIB. Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Sumatra Utara  diawali dengan melakukan gladi resik berlangsung di Posko Satgas Covid-19 Sumut/Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Sudirman Medan.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Sumut, Aris Yudhariansyah menyebutkan, gladi resik yang mereka lakukan bertujuan untuk memastikan segala sesuatu yang dibutuhkan benar-benar telah sesuai rencana, mulai dari tempat, tenaga medis dan lainnya.

“Hari ini lakukan gladi terkait pelaksanaan vaksinasi covid-19 pertama di Sumut. Kita bukan launching ya, karena tadi sudah dilakukan pak Presiden di Jakarta. Hal-hal terkait pemeriksaan, dari mana orang-orang yang melakukan suntikan itu memulai gerakkanya, karena kita buat beberapa tahapan. Tidak datang, langsung disuntik, tapi di screaning dulu,” jelas Aris, Rabu (13/1/2021).

Menurut Aris, setibanya di lokasi, maka Gubernur Sumut Edy Rahmayadi maupun pimpinan Forkopimda Sumut terlebih dahulu diambil swab antigen masing-masing.

Lalu, dokter akan memeriksa kesehatan terhadap mereka yang akan disuntik, tidak memiliki kormobid dan memenuhi persyaratan lainnya.

Setelah itu, setiap orang diminta untuk menandatangani sebuah dokumen pernyataan, hingga akhirnya mendapat persetujuan dari dokter yang ditunjuk.

“Ada 3 meja, pertama diperiksa swab antigen langsung. Kedua pemeriksaan penyakit. Meja ketiga ada satu tahapan bagi orang yang melakukan vaksinasi akan diberikan persetujuan tertulis dan ditandatangani di situ. Kemudian ada dokter penanggung jawab, dia yang meng-ACC, orang itu layak divaksin atau tidak,” tegasnya.

Adapun para pejabat yang akan disuntik berjumlah 10 orang, yakni Gubernur Sumut, Kapolda Sumut, Pangdam I BB, Kajati Sumut, Pimpinan DPRD Sumut, Ketua IDI Sumut, Kadis Kesehatan Sumut dan lainnya.

“Nanti satu dokter bisa menyuntik beberapa orang. Didampingi satu orang vaksinator yang bertugas mengingatkan,” ucapnya.

Di samping itu, pihaknya juga menyediakan tempat KIPI (Komplikasi Ikutan Pasca Imunisasi) bagi mereka yang mengalami reaksi usai disuntik Vaksin Sinovac.

“Kami juga menyediakan lokasi Komplikasi Ikutan Pasca Imunisasi, baik yang punya gejala ringan hingga berat,” ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi dan Informatika Sumatra Utara, Irman Oemar memastikan bahwa proses vaksinasi covid-19 perdana di Posko Satgas Sumut dapat diliput oleh awak media.

“Supaya di masyarakat jangan ada keraguan bahwa pak gubernur tak sungguh-sungguh. Beliau sudah berkomitmen dari aspek psikologi dan kesehatan, beliau siap menjadi tokoh pertama di Sumut yang akan divaksin,” kata Irman.(ENC-2)

Komentar

Baca Juga