oleh

Kades Bandar Setia: Pengangkatan Kadus ll Sesuai Aturan

EKSISNEWS.COM, Percut Sei Tuan – Kepala Desa Bandar Setia Sugiato menyebutkan pengangkatan Ridho Anshori S Pd sebagai Kepala Dusun II (dua) sudah sesuai dengan prosedur yang ditetapkan. Tidak ada unsur atau kepentinag pribadi atau sekelompok dalam pengangkatan kepala dusun II tersebut untuk menggantikan kepala dusun terdahulu yang sudah habis masa jabatannya.

Hal tersebut diungkapkan Sugiato saat menerima kunjungan Kelompok Kerja (Pojka) Wartawan Percut Sei Tuan (PWP) di kantornya pada Senin (14/09/2020) pagi.

Menurut Sugiato, sebagai kepala desa, dirinya wajib meluruskan suara-suara miring yang sampai kepadanya, yang menyebutkan bahwa pengangkatan kepala dusun II Bandar Setia yang baru tersebut, tidak sesuai prosedur dan cendrung benuansa politis.

“Karena masa jabatan kepala dusun II yang lama sudah habis, maka sesuai peraturan (Permendagri nomor 83 Tahun 2015 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Desa atau  Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa), sebagai kepala desa untuk menjalankan aturan tersebut, saya melakukan musayawarah dan dilakukan penjaringan kepala dusun. Bagi warga dusun II yang berkeinginan menjadi kepala dusun, diberi kesempatan untuk mendaftarkan diri,” ujar Sugiato.

Menurut Sugiato, ada lima orang yang masuk menjadi bursa calon kepala dusun II, dari hasil voting 60 warga yang hadir, dari seratus warga yang diundang dalam penjaringan yang dilaksanakan di sebuah masjid di dusun II tersebut.

“Dari yang lima orang hasil voting, dua orang mengundurkan diri. Akhirnya tertinggal tiga orang. Dari tiga orang yang terjaring, di dalamnya termasuk kadus lama. Setelah itu nama tiga orang tersebut saya ajukan ke Camat Percut Sei Tuan.  Kemudian pihak kecamatan dalam hal ini Sekcam dan pihak Kasipem, melakukan wawancara kepada calon kadus tersebut, dan akhirnya terpilihlah atas nama Ridho Anshori S Pd untuk menjabat sebagai kepala dusun II yang baru,” terang Sugiato.

Dan selanjutnya kata Sugiato, pihaknya mengajukan nama Ridho Anshori S Pd ke pihak kecamatan Percut Sei Tuan, untuk mendapatkan rekomendasi persetujan SK pengangkatan dari kepala desa dan sudah selesai.

Sementara itu Ketua Pokja Wartawan Percut Sei Tuan(PWP) Ucok Ridin, dalam pertemuan tersebut memberi masukan kepada Kepala Desa Bandar Setia Sugiato, agar kedepannya terus mengedepankan kepentingan masyarakat. “Dengan begitu upaya kerja keras yang dilakukan oleh kepala desa beserta perangkatnya, akan menghasilkan buah kesejahteraan masyarakat desa yang merata,” tandasnya. (ENC-Cok)

 

 

 

 

 

Komentar

Baca Juga