oleh

OPD di Pemko Medan Didesak Tingkatkan Peran Dongkrak PAD

-MEDAN-8 views

EKSISNEWS.COM, Medan – Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemerintah Kota (Pemko) Medan didesak untuk benar-benar meningkatkan perannya dalam upaya mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD). Hal tersebut terkait lemahnya aparat Pemko Medan dalam penertiban reklame bermasalah di Kota Medan.

“Keinginan besar Walikota Medan saat ini, bagaimana PAD yang dihasilkan bisa maksimal dengan potensi yang ada. Namun sepertinya kita belum melihat ada upaya kesungguhan dari OPD dalam mendukung semangat Wali Kota Medan ini,” kata Anggota DPRD Medan Rudiyanto Simangunsong  kepada wartawan, Rabu (31/03/2021).

Ketua Komisi I DPRD Medan ini mengatakan, perlu adanya kolaborasi diantara OPD dalam upaya meningkatkan PAD sesuai apa yang dinginkan Walikota Medan. “Badan Pengelola Pajar dan Retribusi Daerah (BPPRD)  dan Satpol PP harusnya berkolaborasi dalam upaya mewujudkan keinginan Wali Kota Medan. Mereka bisa bekerjasama mana objek-objek pajak yang menyalahi ketentuan sehingga memudahkan penindakan. Dengan kerjasama seperti ini maka kebocoran PAD akan bisa dihindarkan,” jelasnya.

Dalam upaya peningkatan PAD dan penegakan perda serta penertiban papan reklame yang menyalah perlu kiranya Satpol PP  tidak tebang pilih.

“Kalau di lapangan ada kendala kami pikir kalau solusinya adalah berkoordinasi dengan aparat keamanan kami pikir itu dapat dilakukan agar tujuan peningkatan PAD sebagaimana niat saudara Walikota dapat direalisasikan,” jelasnya.

Politisi berkacamata ini menekankan, Satpol PP dan OPD teknis lainnya seharusnya tidak perlu takut dalam menertibkan objek-objek pajak yang bermasalah, seperti Reklame dan bangunan. “Saya yakin Walikota Medan tidak tinggal diam, OPD harusnya berani dan power full dalam melaksanakan dan mewujudkan keinginan Walikota Medan menata Kota Medan,” ungkapnya.

Terkait kemungkinan adanya oknum aparat di dalam yang bermain sekaitan dengan adanya bangunan dan reklame tak berizin di Kota Medan, Rudiyanto mengatakan pihaknya sangat yakin Walikota Medan memiliki cara untuk menyelesaikannya. “Bagi kami, oknum yang bermain jelas menghambat program yang akan diwujudkan maka tidak ada cara lain mereka selayaknya tidak berada ditempatnya sekarang. Dan dengan kondisi hari ini, Walikota Medan ditantang untuk membereskan aparaturnya yang menyalah,” tegasnya.(ENC-2)

Komentar

Baca Juga