oleh

Pemilu 2024, Bawaslu Sumut Baru Dapat Laporan Pergeseran Suara

-Politik-11 views

EKSISNEWS.COM, Medan – Koordinator Divisi Hubungan Masyarakat dan Data Informasi Bawaslu Sumut, Saut Boangmanalu mengatakan untuk pelaksanaan Pemilu khususnya pemilihan legislatif (Pileg) tahun 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) baru mendapatkan sejumlah laporan berkenaan dengan pergeseran suara.

“Yang banyak kita dapat laporan, itu pergeseran suara antar partai,” kata Saut Boangmanalu saat menggelar Konsolidasi Media Dalam Rangka Penguatan Pemberitaan Hasil Pemilu 2024 yang dilaksanakan di Hotel Antares Jalan SM Raja, Kota Medan, Provinsi Sumut, Kamis (7/3/2024).

Nah untuk hal ini, dijelaskan Saut, pihaknya akan mempelajari dari laporan tersebut.”Sama halnya kita lihat dulu alat bukti dan barang buktinya, kalau dia memenuhi syarat bisa ditingkatkan pemeriksaannya,” sebutnya.

Dengan dilakukan pemeriksaan dan selanjutnya mengkoreksinya, bahwasannya memang terbukti, ujar Saut, ada perpindahan, ada salah input, ada yang dianggap tidak terlihat.

Maka, ungkapnya, langsung dikoreksi di tingkat kecamatan, kabupaten / kota dan juga sampai ditingkat provinsi.

“Kami akan tindak, apakah pencurian atau pengelembungan, tapi kebanyakan itu dilakukan koreksi,” pungkasnya.

Diketahui, pada kegiatan Konsolidasi Media Dalam Rangka Penguatan Pemberitaan Hasil Pemilu 2024, Bawaslu Sumut menghadirkan 3 Narasumber Yakni, Truly Okta Purba Staf Pengajar FEB Unika Santo Thomas Medan yang juga Editor Tribun Medan yang menyampaikan tentang “Media, Hoaks dan Pengawasan Partisipatif di  Pemilu 2024” dan Febryan A,SI.Kom Sekretaris Jenderal Koalisi Pewarta Pemilu dan Demokrasi (KPPD)  Wartawan kawakan dari Republika dengan materi pengamatannya terkait “Peran Strategis Media Menyukseskan Pemilu Tahun 2024,” dengan dimoderatori oleh Harris yang akrab dipanggil  Gepeng yang membidangi  Komunikasi Bawaslu-RI. Pertemuan ini juga turut dihadiri mahasiswa, relawan dan pemantau pemilu.(ENC-2).

Komentar

Baca Juga