oleh

Pemko Medan Diminta Fokus Buat Kebijakan Tak Langgar Prokes

-MEDAN-19 views

EKSISNEWS.COM, Medan – Pemerintah Kota (Pemko) Medan diminta fokus dalam membuat kebijakan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus corona atau COVID-19, bukan justru membuat kebijakan yang berpotensi membuat penularan semakin massif  dengan melanggar protokol kesehatan (prokes) melalui operasional Kesawan City Walk di Jalan Ahmad Yani Medan.

“Harusnya fokus bagaimana menjadikan Medan yang saat ini zona kuning menjadi zona hijau,” kata Anggota Komisi III DPRD Medan, Rudiawan Sitorus, di Medan, Selasa (4/5/2021).

Tidak hanya itu, Rudiawan melihat tidak sebanding pertaruhan antara penyebaran corona dengan keberadaan UMKM. Sebab, jumlah UMKM di Kesawan City Walk tidak cukup signifikan.“Konsep Kesawan City Walk The Kitchen Of Asia sebenarnya baik, cuma momentnya belum tepat, ini di masa pandemi. Setelah pandemi berakhir silahkan dibuat lagi,” urainya.

Untuk itulah, sebutnya, anggota DPRD Kota Medan dari Fraksi PKS ini mendukung kebijakan Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi yang ingin menutup atau menghentikan operasional Kesawan City Walk karena dianggap melanggar prokes.“Apapun yang menimbulkan prokes, tidak layak untuk dibuat, bukan hanya Kesawan City Walk,” ujarnya.

Lagi-lagi instruksi untuk menerapkan secara ketat protokol kesehatan pencegahan covid-19, disampaikan oleh Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, kepada seluruh masyarakat Sumut tanpa terkecuali.

Didampingi Kadis Kesehatan Sumut, Alwi Mujahit Hasibuan, Gubernur Edy mengatakan penghentian juga termasuk untuk program prioritas Wali Kota Medan, Bobby Nasution, yakni Kesawan City Walk, yang masih berjalan hingga saat ini.”Sekarang sedang dikaji. Dan kalau dia tidak bisa diatur, memang ini sudah ketentuan melewati waktu ya kita bubarkan, kita hentikan,” ujar Edy di Medan, Senin (03/05/2021).

Dari pengamatan wartawan bahwa Kesawan City Walk masih belum tutup hingga pukul 23.00 WIB pada Sabtu (01/04/2021) kemarin atau telah melewati batas pukul 22.00 WIB, Gubernur Edy hanya mengatakan akan men-ceknya.

Dan meskipun petugas turun mengingatkan protokol kesehatan kepada pengunjung, namun tetap saja Kesawan City Walk ramai. “Iya beginilah rakyat kita ini. Wartawan ikutlah. Hei rakyat, nanti kalau kita terkena wabah, tak sempat pakai baju. Iya sama-sama kita lakukan,” sebutnya.(ENC-2)

Komentar

Baca Juga