oleh

PH Dr Benny Bersyukur Atas Putusan Onslagh dari Majelis Hakim

-HUKRIM-15 views

EKSISNEWS.COM, Medan – Umri Fattah, SH selaku penasihat hukum Dr Benny Hermanto Jap mengatakan bahwa Majelis Hakim yang diketuai Tengku Oyong, SH, MH memberikan putusan yang tepat bagi kliennya. Hal itu menurutnya, kasus kliennya bukanlah perbuatan pidana.

“Kita bersyukur lah karena hakim bisa secara objektif menilai permasalahan ini dan objektif juga telah memberikan putusan yang tepat karena memang sebenarnya tidak ada unsur pidana, ini kan hanya hubungan bisnis,” ucap Umri Fattah seusai sidang Selasa (30/6/2020).
Selain itu Umri Fattah juga menjelaskan bahwa pihaknya merasa mendapatkan keadilan.
“Kita merasa sudah cukup adil lah dengan putusan itu, karena bukan perbuatan pidana, memang ada perbuatan karena dalam bisnis kan pasti ada perbuatan-perbuatan, kami tetap bersyukur lah dengan putusan tersebut. Seperti putusan hakim yang berhubungan jual beli adalah antara dua perusahaan, bukan orang2 nya,” ujar Umri Fatah SH.
Sebelumnya Majelis Hakim Pengadilan Negeri Medan menjatuhkan putusan Onslag terhadap Dr. Benny Hermanto, terdakwa kasus penipuan di ruang Cakra 7 Pengadilan Negeri Medan. Majelis hakim menyatakan terdakwa Dr Benny tidak terbukti melanggar pasal 378 KUHPidana.
“Terdakwa Benny tidak terbukti melakukan penipuan uang, terkait dengan bisnis kopi dengan saksi korban,” ujar majelis hakim.
Dalam nota putusannya, majelis hakim tidak sependapat dengan Jaksa Penuntut Umum yang sebelumnya menuntut terdakwa dengan hukuman 3 tahun penjara.
Dalam dakwaan JPU, saksi korban Suryo Pranoto dan terdakwa Benny Hermanto sudah lama menjalin kerjasama bisnis. Belakangan kedua perusahaan berbisnis jual-beli kopi.
Perusahaan terdakwa PT SON memesan kopi dari perusahaan saksi korban PT OCI. Pembayarannya sesuai  kesepakatan dalam waktu 60 hari. Namun belakangan, meski sudah enam bulan belum juga bayar, terdakwa hanya menggunakan Purchase Order (PO). ( ENC-NZ)

Komentar

Baca Juga