oleh

PPKM Darurat, Sejumlah Pasar di Medan Dikejutkan Perintah Tutup oleh PD Pasar

-MEDAN-20 views

EKSISNEWS.COM, Medan – Kebijakan pelarangan jualan bagi para pedagang termasuk disejumlah pasar tradsional Kota Medan disebutkan akan berlaku Jumat (16/7/2021) hingga (20/7/2021) atau batas pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat di Kota Medan. Dan, reaksi itu mulai dirasakan, sejak, Kamis (15/7/2021) sejumlah pedagang sudah mendapat perintah menutup usahanya untuk sementara.

Kebijakan tersebut tentunya mengejutkan pedagang, pasca menerima pemberitahuan yag mendadak itu. Hal tersebut diantaranya dirasakan pedagang Pasar Sei Sikambing Medan, Kamis (15/7/2021), saat Kepala Pasar Sei Sikambing, M Ikbal, menemui para pedagang bahwa keputusan Walikta Medan tersebut berkenaan dengan PPKM darurat.

Hal itu ditegaskan juga oleh Plt Dirut PD Pasar Kota Medan, T Maya Mahdan bahwa pelarangan jualan pedagang sektor non esensial merupakan perintah dari pemerintah terkait PPKM darurat.

“Kami hanya menjalankan perintah,” imbuhnya singkat.

Ketua Komisi III DPRD Medan, Rizky Syaf Lubis menanggapi, salah satu sektor yang terdampak kebijakan PPKM darurat ini adalah pedagang kecil yang sangat terkena imbasnya, di mana mereka harus menutup usaha bagi sektor non esensial dan juga mengurangi jam operasional dan hanya melayani take away (pesan bawa pulang).

“Tentu saja yang ditutup usahanya akan tidak mendapatkan penghasilan, sementara penghasilannya hanya pas-pasan untuk kebutuhan sehari-hari. Tentu hal ini juga harus dipertimbangkan oleh pemerintah. Jadi pandemi nya kita cegah penularannya, tetapi ekonomi masyarakat juga harus kita lindungi,” katanya.

Untuk itu, Rizky mengharapkan agar kebijakan ini dapat mempertimbangkan hal-hal teknis detail seperti ini, tidak hanya menegakkan peraturan dengan memberikan sanksi tetapi juga memberikan jalan keluar.

“Saya yakin dibawah kepemimpinan Walikota Medan Pak Bobby Nasution dapat secara arif dan bijaksana mempertimbangkan berbagai dampak PPKM darurat ini bagi seluruh lapisan masyarakat Kota Medan. Mari kita Bersama bergotong royong bahu membahu mengatasi pandemic Covid 19 ini Bersama-sama, memang butuh pengorbanan semua pihak dan kami kira Pemko Medan harus mendengarkan keluhan warga dan merespon dengan cepat apapun yang menjadi persoalan sebagai akibat dari dampak Kebijakan PPKM Darurat ini,” tutupnya.(ENC-2)

Komentar

Baca Juga