oleh

Tingkatkan Layanan, 2021 Disdukcapil Medan Digitalisasi Adminduk

-MEDAN-3 views

EKSISNEWS.COM, Medan – Dalam meningkatkan layananya di tahun 2021, Pemerintah Kota (Pemko) Medan melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) membuat program digitalisasi pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) tanpa harus tatap muka.

“Program tahun 2021, Disdukcapil Digital, pokok pelayanan publik tersebut adalah digital yakni pelayanan yang tidak harus tatap muka,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadisdukcapil) Kota Medan Zulkarnain, Selasa (19/1/2021).

Dikatakannya, seluruh tahapan dan tata cara baik administrasi kependudukan (Adminduk) sudah digital tanpa tatap muka.

Hal itu dimulai dari tahap pendaftaran penduduk misalnya permohonan KTP, Kartu Keluarga, Akte Kelahiran dan sebagainya diharapkan menggunakan fasilitas online sistem yang sudah disiapkan lewat SIBISA.

Demikian pula pada tahap pengambilan dokumen, telah disiapkan berbagai alternatifnya, di dalam perencanaannya pertama, masyarakat bisa mengambil secara reguler atau manual dengan mendatangi pelayanan Disdukcapil maupun ke kantor Camat.

Kedua, kata Zulkarnain, masyarakat bisa langsung ke mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang berada di Kantor Camat Medan Marelan atau kantor Disdukcapil Kota Medan.

Menurutnya,  model Disdukcapil Digital yang diharapkan sudah bisa diwujudkan selama tahun 2021. Sebab, dengan digitalisasi pelayanan Adminduk itu, semua tahapan dan tata cara pelayanan yang ditetapkan tersebut bisa lebih sederhana, cepat, mudah, dan memberikan kepastian waktu untuk mendapatkan dokumen.

“Harapan kita agar masyarakat familiar atau terbiasa menggunakan fasilitas digital atau online yang sudah disiapkan,” ujarnya.

Zulkarnain mengimbau mayarakat untuk tidak berpikir pelayanan Adminduk itu sulit, payah dan berbelit-belit. Karena, kuncinya sebenarnya kalau semua persyaratan yang ditetapkan di dalam permohonan administrasi penduduk dipenuhi, maka tentunya permohonan untuk mendapatkan dokumen kependudukan itu tidak susah.

“Yang sering menjadi isu itu persyaratan tidak terpenuhi, ingin dipaksakan, ada orang mengatakan bisa, padahal tidak. Itu yang memunculkan isu kok sulit ya mendapatkan dokumen kependudukan. Padahal persyaratannya tidak dipenuhi, nyatanya untuk memenuhi persyaratan itu tidak sulit,” jelasnya.

Zulkarnain mengatakan dokumen kependudukan itu hak masyarakat. Oleh karenanya Disdukcapil Kota Medan wajib memenuhi semua dokumen kependudukan masyarakat.(ENC-2)

Komentar

Baca Juga