oleh

Universitas Al Azhar Kembangkan Minat Usaha Bagi Mahasiswa

-SERBA-SERBI-192 views

MEDAN, Eksisnews.com – Rektor Universitas Al Azhar Medan Dermawan Hutagaol MP melalui Wakil Rektor 1 Ahmad Syofian SP MP dan M Umar Maya Putra,SE MSi Ketua Layanan Karir dan Kewirausahaan mengatakan saat ini Universitas Al Azhar Medan sedang mengembangkan Kewirausahaan bagi mahasiswa yang memiliki minat dan bakat dalam berusaha. Kegiatan pengembangan usaha kewirausahaan bagi mahasiswa adalah salah satu program kerja universitas untuk menjadikan mahasiswa akan mampu mandiri setelah nantinya menyelesaikan perkuliahan dikampus.

Selama ini mahasiswa setelah menyelesaikan perkuliahan selalu terbentur untuk mencari pekerjaan karena tingginya persaingan dalam mendapatkan pekerjaan dilapangan kemudian juga kurangnya skill yang dimiliki sehingga banyak mahasiswa ketika selesai kuliah lama menganggur dan kemudian beralih profesi dari jurusan yang diperolehnya ketika lulus kuliah.

Nah berangkat dari hal tersebut Universitas bersama Layanan Karir dan Kewirausahan mencoba memberikan solusinya bagi mahasiswa dengan menggali kemampuan berusaha untuk mereka dengan cara ikut pelatiham usaha dan perlombaan pengembangan usaha,dengan harapan apa yang ada di diri mereka nantinya bisa terus dikembangkan tanpa harus takut tidak memiliki pekerjaan setelah selesai kuliahnya nanti.

” Bagi kami pihak Universitas tentunya sangat berkeinginan mengembangkan minat dan bakat mahasiswa untuk lebih maju dan berkembang setelah selesai kuliah. Apalagi ada dikotomi ditengah mahasiswa bahwa kalau sudah selesai kuliah dan jadi sarjana bisa dengan mudah mendapatkan pekerjaan hal tersebut tentunya perlu dihilangkan sebab dengan memiliki usaha sendiri akan mampu membantu diri sendiri dan yang paling utama adalah membuka lapangan pekerjaan bagi banyak orang tanpa harus bergantung pada harapan mendapatkan pekerjaan dari gelar yang diraih,” kata Ahmad Syofian dan Umar Maya Putra kepada Eksisnews.com Minggu(3/3) di lapangan Benteng Medan saat mengikuti kegiatan pameran usaha Interpreneur yang dilaksanakan selama satu hari.

Umar juga mengatakan bahwa bagi mahasiswa yang sudah memiliki keahlian pengembangan usaha dan sudah pernah ikut perlombaan tentunya bisa terus mengembangkan kemampuan mereka ketika selesai kuliah dan hal tersebut tentunya menjadi modal awal mereka mengembangkan minat dan bakat dalam usaha lainnya.

“Pada dasarnya mahasiswa itu adalah pelopor usaha yang paling utama ditengah masyarakat dan kampus sebagai tempat pengembang bakat serta kemampuan mereka berharap kedepannya mahasiswa tidak lagi berpikir bahwasannya sarjana harus dapat kerja tapi bagaimana mereka berpikir sarjana mampu mengembangkan usaha bagi semua masyarakat banyak dan jadi pengusaha handal dalam bidangnya.

Sementara itu salah seorang mahasiswa Universitas Al Azhar Medan Ahyar mengatakan bahwa yang dilakukan kampusnya memberikan modal kuat bagi mereka sebagai mahasiswa yang sedang menuntut ilmu di kampus tersebut.

“Kampus adalah tempat menempah mereka untuk menuntut ilmu menjadi sarjana namun itu bukan hal utama tapi bagaimana nantinya setelah selesai kuliah mereka bisa bekerja dengan usaha sendiri tanpa tergantung pada satu jenis pekerjaan sesuai gelar mereka,” kata Ahyar.(ENC-Duch)

Komentar

Baca Juga