oleh

Warga Bandar Khalipah Ini Sukarela Bagikan BST ke Warga Tidak Mampu

EKSISNEWS.COM, Percut Sei Tuan – Bantuan Sosial Tunai (BST) yang dikucurkan  oleh Kemensos RI kepada masyarakat miskin di masa pendemi covid 19 saat ini ada yang tidak tepat sasaran.

Pasalnya ada warga yang mampu yang semestinya tidak layak mendapat bantuan BST tersebut  tetapi tetap terdata untuk mendapatkan bantuan masyarakat miskin yang dikucurkan oleh pemerintah pusat itu.

Di Desa Bandar Khalipah, Kecamatan Percut Sei Tuan Deli Serdang, Sumatera Utara, ada beberapa warga yang merasa tidak layak menerima uang BST Rp600 ribu. Tetapi para warga tersebut dengan sukarela memberikan kepada warga yang tidak mampu di sekitar tempat tinggalnya.

Seperti yang dilakukan Yudin (49) warga Dusun XVII Desa Bandar Khalipah yang merasa terkejut karena namanya masuk dalam daftar penerima BST dari Kemensos. Padahal dirinya tidak menginginkan bantuan tersebut dan tidak pernah memohon kepada pemerintahan desa untuk mendapatkan BST tersebut.

Yudin pun kemudian mengambil dana BST itu dan dengan sukarela membagikan dana tersebut kepada dua orang warga yang tidak mampu di sekitar tempat tinggalnya.

“Saya sangat berterima kasih kepada pemerintah karena saya mendapatkan dana BST ini, tapi merasa saya tidak pantas menerima bantuan ini, untuk itu dana saya bagikan kepada dua orang warga yang tidak mampu di sekitar rumah saya,” ujar Yudin kepada Eksisnews.com Minggu (31/05/2020).

Yudin juga berharap kepada warga lainnya yang mendapatkan BST yang merasa mampu untuk mengikuti sikapnya dengan membagikan kepada warga lainnya yang tidak mampu.

Sikap yang sama juga dilakukan Rohana (39) Warga Dusun XVI Desa Bandar Khalipah yang juga membagikan dana BST yang diterimanya kepada tiga orang tetangganya yang tidak mampu.

“Saya tidak pernah mengusulkan untuk dapat bantuan, tapi saya kemarin terkejut kok tiba-tiba nama saya terdaptar untuk mendapatkan dana BST.

Dana ini telah  saya ambil dan saya berikan kepada tiga orang  tentangga saya yang tidak.mampu,” ujar Rohana.

Di tempat terpisah Kepala Desa Bandar Khalipah Suparyo SH saat dikonfirmasi mengatakan ada warga yang membagikan dana BST kepada warga lainnya yang yang tidak mampu adalah upaya inisiatif dan sukarela sendiri warga nya yang mendapatkan BST tersebut.

“Kami pemerintahan desa tidak ada meinginterpensi warga yang menerima BST. Kalau ada warga yang membagikan dana BST yang didapatnya untuk diberikan kepada warga lain yang tidak mampu, itu inisiatif sendiri karena mungkin mereka merasa mampu dan kemudian secara sukarela dan prihatin membagikan dana BST kepada warga lainnya yang tidak mampu,” terang Kades Suparyo.

Suparyo juga mengatakan akan membuka forum dialog terbuka kepada warganya untuk menampung aspirasi dan keluhan masyarakat yang belum menerima.bantuan-bantuan yang selama ini telah dikucurkan oleh pemerintah.

“Dalam waktu dekat ini kami akan membuka dialog terbuka terhadap warga, jadi kita bisa menjelaskan kepada warga apabila ada keluhan-keluhan terkait bantuan pemerintah yang sedang dikucurkan,” jelas Suparyo.

Komentar

Baca Juga