oleh

2020, Pemko Medan Siapkan Pengadaan Lahan untuk RTH

-MEDAN-10 views

EKSISNEWS.COM, Medan – Pemerintah Kota (Pemko) Medan telah menyiapkan pengadaan tanah atau lahan yang direncanakan bagi areal ruang terbuka hijau (RTH) di sejumlah wilayah di Kota Medan.

“Untuk tahun 2020 kita (Pemko Medan) berencana melaksanakan pengadaan tanah untuk RTH,” kata Sofyan Kepala BPKAD Medan menggantikan Plt Walikota Medan saat membacakan Nota Jawaban Walikota Medan atas pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD Kota Medan tentang Rancangan Peraturan Daerah tentang Perubahan Anggaran Pendapatan  dan Belanja Daerah tahun anggaran 2020, Senin (14/9/2020) di ruang sidang DPRD Kota Medan dipimpin Ketua DPRD Kota Medan Hasyim SE didampingi wakil ketua Rajuddin Sagala, Ihwan Ritonga dan Bahrumsyah.

Adapun proyeksi  lahan RTH tersebut, menurutnya, masing-masing  berada di beberapa kecamatan di Kota Medan seperti Kecamatan Medan Selayang, Medan Amplas dan Medan Belawan.

“Terkait dengan program pengelolaan RTH dapat  saya sampaikan bahwa pengadaan tanah untuk ruang terbuka hijau ini dianggarkan pada program pemanfaatan ruang kegiatan pengadaan tanah untuk pembangunan kota,” terangnya.

Sementara, tambahnya, Pemko Medan telah melaksanakan kegiatan pengadaan tanah termasuk untuk pengadaan RTH antara lain, untuk pengadaan RTH Taman Pemakaman Umum di Jalan Abdul Sani Muthalib Kecamatan Medan Marelan seluas lebih kurang 12.944 m2.

Selanjutnya, jelasnya, pengadaan RTH Taman Kelurahan di Jalan Tunggul Hitam Kecamatan Medan Sunggal seluas lebih kurang 4780 m2. Pengadaan RTH taman kelurahan di jalan turi kecamatan medan denai seluas lebih kurang 4173 M2.

Sebelumnya, Fraksi PAN DPRD Kota Medan, melalui Sudari ST menekankan mengenai RTH di Kota Medan yang hingga kini belum memenuhi ketentuan 30 persen, sebagaimana amanat UU nomor 26 tahun 2007 tentang penataan ruang.

“Namun, besarnya berapa sampai saat ini kita belum jelas, baik luas maupun ukuran ruang terbuka hijau,” sebutnya.

Dikatakannya, berkenaan dengan rancangan perubahan APBD tahun 2020 pada Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Fraksi PAN menyoroti tidak ditemukannya program pengadaan RTH tersebut.

“Oleh karena itu, kita meminta pada Pemko Medan, agar selain program RTH, kiranya juga ada program pengadaan RTH yang baru yang memenuhi ketentuan UU nomor 26 tahun 2007,” pungkasnya.(ENC-2)

Komentar

Baca Juga