oleh

Alasan Govid-19, Puluhan Buruh PT. Kurnia Global Lestari DiPHK

EKSISNEWS.COM, Percut Sei Tuan – Belasan buruh PT Kurnia Global Lestari di Jalan M Yacub Lubis Desa Bandar Khalipah, Kecamatan Percut Sei Tuan, Deli Serdang melakukan unjuk rasa di depan pintu gerbang perusahaan pada Selasa (23/06/2020) pagi.

Para buruh meminta perusahaan agar membayar UMP selama tiga bulan mereka dirumahkan. Selain itu para buruh juga meminta kepastian tentang status mereka selama dirumahkan, karena saat ini ada karyawan baru yang masuk di perusahaan tempat mereka bekerja.

“Kami meminta perusahaan memenuhi peraturan tenaga kerja, jangan seenaknya saja kami dirumahkan tanpa kepastian hanya karena alasan masa covid-19. Sementara sekarang ini perusahaan memasukkan tenaga kerja baru,” ujar Donny Ardian salah seorang korlap dalam aksi tersebut.

Donny juga menyebutkan bahwa perusahaan menyodorkan surat pengunduran diri sepihak yang menurutnya sebagai akal-akalan agar perusahaan tidak mengeluarkan pesangon bagi para buruh.

“Kami disodorkan surat pengunduran diri tanpa kepastian, kami minta pengusaha mematuhi peraturan pemerintah, pengusaha sudah semena-mena terhadap kami,” koarnya.

Informasi menyebutkan sekitar 70 buruh yang dirumahkan tersebut bekerja di PT Kurnia Global Lestari melalui perusahaan out sourcing PT Dipta Athiyasa Indonesia.

Saat ini para buruh tersebut dirumahkan dan dianggap sudah diPHK sepihak oleh perusahaan tersebut.

Informasi juga menyenutkan, pengusaha saat ini telah bekerjasama dengan PT Gagas Ardaya Drastha sebagai perusahaan outsourcing baru dan memasukkan tenaga kerja baru ke perusahaan yang bergerak dibidang daur ulang kertas karton tersebut.

Awi yang merupakan pihak perusahaan PT Kurnia Global Lestari di sela-sela ujuk rasa para buruh tidak mau berkomentar saat dimintai keterangan terkait unjuk rasa buruh tersebut. “Nanti saja ya, ” ujar Awi sambil berlalu saat dikonfirmasi. (ENC-1)

Komentar

Baca Juga