oleh

Besok PSU Labuhanbatu, KPU Sumut: Kami Bersama KPU RI akan Pantau PSU

EKSISNEWS.COM, Medan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada Labuhanbatu di dua tempat pemungutan suara (TPS) yakni di TPS 007 dan 009 Kelurahan Bakaran Batu, Kecamatan Rantau Selatan, Kabupaten Labuhanbatu akan dilaksanakan besok, Sabtu (19/6/2021).

Dalam mengantisipasi hal serupa terulang kembali dan kemungkinan adanya kendala yang bakal dihadapi oleh KPU Labuhanbatu, maka komisioner dari KPU RI dan KPU Provinsi Sumatera Utara (Sumut) turun langsung ke Labuhanbatu melakukan supervisi.

“Ini kan cuma dua TPS, kami sudah di Labuhanbatu bersama KPU RI mensupervisi pelaksanaan PSU,” kata Ketua KPU Sumut Herdensi Adnin, Jumat (18/6/2021).

Diketahui,  PSU tersebut merupakan tindak lanjut dari putusan Mahkamah Konstitusi (MK) pada 3 Juni 2021, yang dalam persidangan menemukan fakta bahwa ada sebanyak delapan pemilih di dua TPS tersebut yang menggunakan hak pilihnya dengan membawa kartu keluarga (KK).

Selain itu, demi memastikan kelancaran pelaksanaan PSU Pilkada Labuhanbatu untuk yang kedua kalinya itu, maka KPU RI dan KPU Sumut akan datang memantau langsung jalannya prosesi PSU di dua TPS.”Dan kami akan berada di dua TPS itu bersama KPU RI memantau pelaksanaan PSU,” sebutnya.

Terkait persiapan teknis, Herdensi mengungkapkan sudah dipersiapkan secara maksimal oleh KPU Labuhanbatu.

“PSU besok (Sabtu) KPU Labuhanbatu sudah mempersiapkan semuanya. Dari sosialisasi kepada pemilih, mengantar C Permberitahuan dan logistik,” ujarnya.

Diketahui, MK mengabulkan permohonan yang diajukan pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Labuhanbatu, Andi Suhaimi Dalimunthe-Faisal Amri Siregar pasca-PSU di sembilan TPS di Kabupaten Labuhanbatu.

Sementara hasil PSU Pilkada Labuhanbatu di sembilan TPS pada 24 April 2021 lalu, pasangan Andi-Faisal hanya menang di satu TPS. Sementara pesaingnya, Erik Atrada Ritonga-Ellya Rosa Siregar berhasil meraih suara terbanyak di delapan TPS.

Hasil rekapitulasi terhadap sembilan TPS yang melakukan PSU ditambah 1.052 TPS lainnya, pasangan Erik-Ellya memeroleh 88.493 suara. Sementara Andi-Faisal mendapat 88.183 suara.

Adapun selisih suara pasangan Erik-Ellya dengan pasangan Andi-Faisal sebesar 310 suara. Sedangkan jumlah DPT di dua TPS, yakni TPS 007 dan TPS 009 Kelurahan Bakaran Batu, Kecamatan Rantau Selatan pada PSU lalu sebanyak 941 pemilih.(ENC-2)

Komentar

Baca Juga