oleh

Kadisdik Ilyas Sitorus : Tampilkan Aplikasi Untuk Diakses Kuota Internet Gratis Kemdikbud

EKSISNEWS.COM, Batu Bara -Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sudah mulai mengirimkan kuota internet gratis untuk mendukung pembelajaran jarak jauh selama Covid-19.Hal tersebut dikatakan Kadis Pendidikan Batubara, Ilyas Sitorus saat bersama dengan orangtua siswa sebelum membagikan kartu Kuota Internet Gratis bantuan Kemendikbud secara simbolis di UPTD SD 07 Suka Maju Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batu Bara, Kamis (24/09/2020).

Masih menurut kadisdik bahwa nantinya penerima bantuan kuota internet gratis ini akan memiliki dua jenis kuota internet. Yakni, kuota umum yang bisa digunakan untuk mengakses semua laman dan aplikasi dan kuota belajar yang digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran.
“Untuk peserta didik jejang PAUD akan diberikan kuota internet gratis sebesar 20 GB per bulan. Sebesar 5 GB adalah kuota umum dan 15 GB kuota belajar. Peserta didik jenjang sekolah dasar dan menengah akan mendapatkan kuota internet 35 GB per bulan. Sebesar 5 GB untuk kuota umum dan 30 GB untuk kuota belajar.
Adapun mahasiswa diberikan kuota internet 50 GB per bulan. Sebesar 5 GB untuk kuota umum dan 45 GB untuk kuota belajar, dan bantuan kuota internet ini berdurasi bantuannya selama 4 bulan,” terang Ilyas.
Lebih lanjut Kadisdik mengaharapkan kepada orangtua siswa agar dapat membantu anak-anak kita dalam pendampingan belajar di rumah. Dampingin anak-anak kita, luangkan waktu kita, harap Ilyas. Kehadiran kita bersama anak dalam belajar sangat membantu anak dalam meningkatkan motivasi anak dalam belajar, bimbing anak sebelum memulai belajar dengan berdo’a dan bersyukur kepada Allah Tuhan Yang Maha Kuasa,” papar Ilyas..
Berikut 19 laman yang bisa diakses menggunakan kuota belajar yang disampaikan Kadisdik dapat membantu anak-anak kita separti :
• Aplikasi dan website Aminin
• Aplikasi dan website Ayoblajar
• Aplikasi dan website Bahaso
• Aplikasi dan website Birru
• Aplikasi dan website Cakap
• Aplikasi dan website Duolingo
• Aplikasi dan website Edmodo
• Aplikasi dan website Eduka system
• Aplikasi dan website Ganeca digital
• Aplikasi dan website Google Classroom
• Aplikasi dan website Kipin School 4.0
• Aplikasi dan website Microsoft Education
• Aplikasi dan website Quipper
• Aplikasi dan website Ruang Guru
• Aplikasi dan website Rumah Belajar
• Aplikasi dan website Sekolah.Mu
• Aplikasi dan website Udemy
• Aplikasi dan website Zenius
• Aplikasi WhatsApp
“Orangtua siswa kami khususnya di Batubara dapat menemukan berbagai aplikasi pembelajaran daring tersebut di atas untuk dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran di rumah. Kemudian ada surat edaran, panduan, serta kumpulan informasi, video, dan infografik yang dapat membantu edukasi pencegahan penularan Covid-19 juga bisa di dapat dengan memanfaatkan bantuan Kuota Internet Gratis ini,” sambung Kadisdik.
“Kita jajaran pendidikan Kabupaten Batu Bara sangat menghargai dan berterima kasih atas kerja keras pemimpin kita di Kemendikbud dan juga dukungan para operator telekomunikasi yang telah memfasilitasi kegiatan belajar-mengajar jarak jauh secara daring (dalam jaringan) dengan memberikan akses internet gratis kepada semua pelajar, guru se Indonesia termasuk kita di Kabupaten Batubara,” papar Ilyas
Lanjutnya, bahwa subsidi data yang diberikan operator telekomunikasi sangat membantu pelajar maupun pendidik untuk belajar, sehingga tetap produktif di rumah. Kadisdik juga mengakui besarnya tantangan pembelajaran daring dalam darurat Covid-19 di masa pandemik begini serta situasi yang tidak mudah ini, tidak semua pembelajaran daring yang dilakukan sekolah akan optimal. “Oleh saya berharap sekolah terus pro aktif untuk memastikan pembelajaran tetap berjalan maksimal dengan bantuan kunjungan guru-guru ke kelompok siswa ataupun ke rumah siswa dan manfaatkan dana bos yang ada untuk membantu pengganti minyak sepeda motor guru – guru kita,” ujar mantan Karo Humas Protokol Pemprovsu ini.
“Memang tidak semua kecamatan kita di Batu Bara ini punya akses smartphone ataupun koneksi internet yang baik. Jadi ini merupakan suatu hal yang menantang bagi kita dunia pendidikan kita. Tetapi kami ( disdik dan UPTD sekolah SD dan SMP) berkomitmen untuk terus meningkatkan kerja sama memastikan anak-anak kita mendapat kesempatan pembelajaran dengan baik.
“Saya yakin dengan gotong royong antara semua pihak, kita dapat melalui masa sulit ini bersama-sama,” karena yang namanya Covid ini kita tidak tau sampai kapan berakhirnya,” tambahnya..
Sementara Kepala UPTD SD 07 Suka Maju, Arfan mengatakan terimakasih atas penjelasan Kadisdik yang sangat bermanfaat. “Bukan hanya bagi pihaknya,tetapi juga bagi para orangtua siswa kami. Sudah banyak disampaikan suka duka dalam pembejaran dimasa pandemik covid ini dan beberapa solusi juga disampaikan untuk kita kerjakan bersama-sama,” ungkap Arfan.
Arfan juga mengulang dan memastikan harapan Kadisdik kepada semua Guru-guru dan operator yang hadir agar melaksanakan perintah Kadisdik terutama dalam membantu mendaftar ulangkan nomor telekomunikasi anak-anak melalui Dapodik Kemdikbud-RI sebagai mana yang dituliskan Kadisdik saat menerangkan tadi di papan tulis yaitu *444*NIK*KK#, sebut arfan mengulang yang dikatakan Kadisdik Kabupaten BatuBara.
Beberapa orangtua saat usai pertemuan di mintai keterangannya terkait perpemuan tersebut mengatakan sangat berterimakasih kami telah faham dan dengan tegas lugas Pak Kadis mengurai terkait bantuan kuota gratis kemdikbud untuk anak-anak kami. Pak Kadis menggunakan bahasa daerah atau bahasa melayu sehingga kami lebih faham dan mengerti.
Hadir dalam pertemuan tersebut selain Kadisdik Ilyas Sitorus, juga Kepala UPTD SD 07 Suka Maju yang juga Ketua K3S Kecamatan Tanjung Tiram Arfan, guru-guru dan orangtua siswa serta media cetak dan elektronik. (ENC-1)

Komentar

Baca Juga