oleh

Lejatnya Mie Gomak Spagetti Batak

-KULINER-97 views

MEDAN, Eksisnews.com – Berbagai makanan yang berasal dari berbagai daerah di Sumatera Utara menghiasi kawasan jajanan di Kota Medan. Salah satunya makanan itu adalah Mie Gomak.

Mie gomak merupakan olahan mie yang berasal dari Batak Toba dengan bahan baku pembuatannya adalah mie lidi. Penamaannya dengan sebutan mie gomak bukan tanpa alasan, karena dulunya mie ini dibuat dengan cara digomak-gomak atau digenggam dengan tangan, walaupun kini tidak lagi dibuat dengan cara seperti itu.

Bahkan mie tersebut mendapat sebutan spagetti batak karena mirip dengan olahan mie spagetti asal Negeri Pizza, Italia. Selain itu, mie ini memiliki dua varian, yakni basah dengan ciri khasnya memiliki kuah yang gurih dan goreng yang dibuat dengan cara digoreng.

Akan tetapi, kebanyakan mie gomak lebih dikenal dengan jenisnya yang basah alias berkuah. Biasanya setelah mie lidi direbus, nantinya akan diberi kuah berkaldu ayam yang diberikan bumbu saus dan diisi dengan sayuran. Seperti kebanyakan olahan Sumatera Utara, mie gomak juga memiliki rasa pedas dan ada tambahan bumbu andaliman yang semakin mempertegas rasa pedasnya.

Untuk satu mangkuk mie gomak, dihargai cuma 5 ribu rupiah yang bisa ditemukan di kedai pinggir jalan hingga sekolah-sekolah. Karena biasanya disantap dengan bakwan, kerupuk, atau mendowan, kamu juga bisa membeli lauk tersebut agar semakin mantap rasanya.

Di atas adalah 20 makanan khas Sumatera Utara, mulai dari Medan hingga Tapanuli yang paling enak dan terkenal. Bila kamu berkunjung ke provinsi yang berdekatan dengan Aceh Darussalam tersebut, jangan lupa untuk mencicipinya di warung atau toko terdekat.

Tidak hanya masakan modern dengan pengemasan mutakhir, namun banyak pula masakan-masakan tradisional yang tidak ada di daerah lain. Jadi sangat cocok bila menjadikannya sebagai oleh-oleh atau sekedar menjadi makanan maupun cemilan saat ada di Sumatera Utara. (ENC/MOO)

 

Komentar

Baca Juga