oleh

Peran Wanita Tangguh Wujudkan Program Unggulan Kasad di Lokasi TMMD 120

Oleh: Dansatgas TMMD Ke-120 Kodim 0209/LB Letkol Inf Yudy Ardiyan Saputro, S.IP

EKSISNEWS.COM, Labuhan Batu – WANITA TANGGUH adalah seorang wanita yang senantiasa kuat dalam menghadapi segala permasalahan baik di rumah ataupun kantor ataupun didalam kehidupan bermasyarakat. Dia adalah wanita yang selalu berdiri dan tidak lari dari masalah, bersikap mandiri, teguh, peduli sesama, peduli lingkungan dan peduli dengan kesulitan masyarakat serta peduli dengan instansi terkait yang ada didaerah dipimpinnya.

Dialah Hj Ellya Rosa Siregar, S.Pd., M.M.Wanita tangguh lemah lembut, anggun, sederhana, rapi, enak dipandang, dan berwibawa disenangi masyarakatnya ini sekarang dipercayakan menjabat sebagai Plt Bupati Kabupaten Labuhan Batu.

Wanita bak duplikat dari Margaret Thatcher, Perdana Menteri Inggris dijuluki Iron Lady dan Evita Peron, tokoh politik dan pernah menjadi wakil Presiden Argentina. Hj Ellya cara bekerja dan kepeduliannya kepada tingkat perekonomian masyarakat tidak jauh dengan kedua wanita tangguh dunia Margaret Thatcher dan Evita Peron.

Wanita yang lahir 5 Desember 1959 di Negeri Lama,Kabupaten Labuhan Batu, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) ini tidak peduli seberat apa pun kehidupan yang dilaluinya. Kehidupan di era yang serba maju seperti ini,wanita meniti karier politik dari Partai Golkar yang pernah menjabat sebagai Wakil Bupati Labuhanbatu periode 2021–2024 saat ini sangat disanjung dan dibanggakan masyarakat Kabupaten Labuhan Batu. Kepedulian dengan masyarakat, kerjasama instansi TNI Polri dan lainnya demi memajukan dan mensejahterakan Kabupaten memiliki semboyan Ika Bina En Pabolo tersebut.

Semboyan wilayah dengan ide cemerlang berkolaborasi dengan instansi terkait seide dan seirama “Ika Bina En Pabolo”. Dalam arti yang luas, semboyan ini bermakna kekompakan/kerjasama atau gotong royong dalam membangun dan memperbaiki sesuai dengan bidang/fungsi dan kemampuan masing-masing, sehingga terwujud apa yang dicita-citakan oleh masyarakat Labuhanbatu.

Melalui semboyan tersebut, wanita tangguh murah senyum peduli pembangunan dan masyarakat yang pernah menjabat Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Labuhanbatu (2004–2009, 2014–2019), Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Labuhanbatu (2009–2014) saat ini berkolaborasi dengan TNI mewujudkan pembangunan di wilayah terisolir lewat Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120 Kodim 0209/LB dengan thema “Dharma Bakti TMMD Mewujudkan Percepat Pembangunan di Wilayah”.

Sejak awal pra TMMD,Hj Ellya Rosa Siregar duet terus dengan Pamen Muda Abituren Akmil 2003 yang dibesarkan di Satuan Kostrad, Letkol Inf Yudy Ardiyan Saputro, S.IP.

Meski harus menempuh perjalanan 5 jam melintasi perkebunan hingga menyebrang Sungai Barumun menggunakan perahu tradisional (Getek),Plt Bupati Labuhan Batu bersama Dansatgas TMMD 120 menyusuri dan mengelilingi Desa Selat Beting, Kecamatan Panai Tengah, Kabupaten Labuhanbatu, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) untuk memilih pembangunan infrastruktur mana yang harua diberikan kepada masyarakat yang sebagian besar berdagang, nelayan dan buruh kebun tersebut.

Berkat kerjasama dan komunikasi yang baik akhirnya Plt Bupati Labuhan Batu bersama Pamen yang pernah digodok di Lembah Tidar Magelang tersebut memilih meningkatkan jalan Desa Selat Beting ke Desa Sei Siarti sepanjang 1.550 meter dengan lebar 6 meter dan ketebalan 0,6 meter.

Ternyata kepedulian Hj Ellya Rosa Siregar bersama Letkol Inf Yudy Ardiyan Saputro tak sampai disitu saja. Kedua pemimpin ini berkeliling wilayah memiliki 14 dusun tersebut dan menerima keluhan masyarakat bahwa puluhan tahun tidak pernah mengkonsumsi air bersih layak konsumsi.

 

Sontak saja keduanya terkejut sehingga Hj Ellya terlihat raut wajahnya sedih terharu dan langsung memasukan sasaran tambahan Program Unggulan Kasad “TNI Manunggal Air Bersih” dengan membangun lima titik sumber air bersih layak konsumsi.

Melalui kegiatan lintas sektoral program TMMD di wilayah Kabupaten Labuhanbatu, Hj Ellya Rosa Siregar bersama Dandim 0209/LB
berkolaborasi yang kuat dengan institusi Pemerintah, TNI, Polri dan komponen masyarakat dalam upaya membangun dan meningkatkan infrastruktur serta kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Labuhanbatu lewat Program Fisik dan Non Fisik.

Disini selama sebulan personel Satgas TMMD 120 Kodim 0209/LB berjumlah 165 orang terdiri dari prajurit TNI AD sebanyak 119 personel diantaranya dari Yonif 126/Kala Cakti,Yonzipur 1 Dhira Dharma dan personel Kodim 0209/LB jajaran, dari TNI AL Lanal Tanjung Balai 5 personel,dari TNI AU 5 personel Lanud Soewondo dan personel Polres Labuhanbatu 10 orang serta Pemda 10 orang dan warga masyarakat 15 orang, Dansatgas Letkol Inf Yudi Ardiyan Saputro S.I.P, sejak 8 Mei 2024, mulai mengerjakan sasaran fisik dan non fisik TMMD 120 di wilayah bersejarah Desa Selat Beting, Kec Panai Tengah, Kab Labuhan Batu, Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Berkolaborasi dengan Pemkab Labuhan Batu, Akmil yang pernah menjabat sebagai Danyonif 433/Julu Siri Kostrad tersebut menyulap desa perlintasan kapal dan persinggahan Belanda menjadi hidup kembali layaknya “Sang Surya Muncul Dikegelapan Malam”dengan program unggulan TNI AD dan program TMMD.

 

Peran wanita tangguh dijuluki Resilient Women Care for People and Development (Wanita Tangguh Peduli Rakyat dan Pembangunan) dalam mewujudkan dan menggaungkan Program Unggulan Kasad “TNI Manunggal Air Bersih” dan Program TMMD ke-120 tersebut patut diapresasi.Sejak adanya kegiatan TMMD diwilayah terisolir tersebut selalu turun kelapangan melihat kegiatan fisik, mendengar keluhan warga , mencermati semua kegiatan yang dilakukan Satgas TMMD.Wanita yang saat ini menjabat Plt Bupati Kabupaten Labuhan Batu merasa bangga dan salut apa yang telah dilakukan Satgas diwilayah yang dipimpinnya.

Seluruh kegiatan TMMD ke 120 meliputi sasaran fisik utama peningkatan badan jalan sejauh 1.550 x 6 meter tebal 0,6 meter, dan sasaran Non fisik seperti penyuluhan bela negara,wawasan kebangsaan, pelayanan posyandu, Stunting, PTM,Pertanian, Pendidikan, Hukum dan Kamtibmas, Narkoba, Keagamaan,KB Kesehatan, Perikanan/ Peternakan, Lingkungan Hidup,Kehutanan, dan sosialisasi Kegiatan PKK” semua diterima masyarakat dengan baik.

Untuk pembuatan sumur bor pertama di Dusun II Tangkahan, Dusun II Pasoman, Dusun XIV Sirahu dan Dusun I Inpres serta Dusun VIII Tanjung Marulak,semuanya berjalan lancar dan saat ini sudah bisa dimanfaatkan warga masyarakat.

Di desa yang memiliki 14 dusun dengan jumlah 5.122 jiwa terdiri dari Wanita sebanyak 2.512 jiwa dan Pria sebanyak 2.610 jiwa yang menghuni wilayah seluas +_ 7.430 ,25 Ha tersebut ternyata selama puluhan tahun tidak pernah merasakan air bersih layak konsumsi. Berkat kepedulian Plt Bupati Labuhan Batu dan Letkol Inf Yudi akhirnya masyarakat yang mengimpikan air bersih layak konsumsi tersebut bisa terkabul berkat Wanita Tangguh dan Pamen TNI Peduli Rakyat.

Disini peran wanita tangguh yang pernah menimba ilmu di Universitas Islam Labuhan Batu (2010/Lulus S-1) tersebut selalu mendukung seluruh Program Unggulan Kasad, salah satunya yang paling menonjol Program Ketahanan Pangan dan TNI Manunggal Air Bersih dan Pencegahan Stunting.

Politisi wanita dari Partai Golkar lulusan S-2 dari Universitas Islam Sumatera Utara (2014) selalu menggandeng dan berkolaborasi dengan Kodim 0209/LB,Korem 022/PT,Kodam I Bukit Barisan menggaungkan Program Unggulan Kasad dan TNI AD.

Danrem 022/PT Kolonel Inf Tagor Rio Pasaribu, SE,menyampaikan bahwa kita mengetahui bahwa TNI manunggal membangun desa (TMMD) merupakan bentuk operasi Bhakti TNi yaitu OMSP (Operasi Militer Selain Perang) dengan menentukan sasaran fisik sudah sesuai ketentuan dengan mempertimbangkan prioritas kebutuhan yang sangat di perlukan masyarakat.

Pelaksanaan kegiatan TMMD yang sudah berlangsung selama satu bulan, yang di awali dengan kegiatan pra TMMD yakni bersatu padunya semua komponen bangsa yang terkoordinasi, dan terkoordinir yang dilaksanakan secara bahu membahu dan gotong royong.

TMMD ke -120 Kodim 0209/LB di samping melaksanakan pembangunan fisik dan non fisik juga melaksanakan pembangunan dengan sasaran tambahan berupa Program Unggulan Kasad meliputi TNI Manunggal Air,Program Penurunan Stunting, serta program ketahanan pangan.

Danrem menyampaikan, sekaligus kami juga mengucapkan terimakasih kepada wartawan baik media cetak maupun elektronik yang telah meliput,merilis dan mempublikasikan kegiatan TMMD ke -120 ini, sehingga dapat di akses oleh masyarakat sekitar maupun secara nasional untuk menambah semangat membangun daerah lain.

“Saya selaku Danrem 022/PT mengucapkan terimakasih banyak atas dukungan seluruh komponen dan masyarakat yang telah mendukung kegiatan TMMD disini berjalan lancar, dan apabila ada kesilafan atau tutur kata Satgas yang telah menyinggung warga masyarakat mohon maaf yang sebesar-besarnya, “ucap Danrem.

Pamen abituren 96 kualifikasi Komando ini menyampaikan bahwa lokasi Selat Beting sangat tepat untuk sasaran TMMD,khususnya TNI Manunggal Air Program Unggulan Kasad, jauh dari kota terisolir dan memang air bersih disini sangat dibutuhkan sekali untuk kelangsungan hidup manusia, khususnya generasi.

“Kiranya Warga bisa menjaga dan apa yang telah dibangun oleh Satgas TMMD Ke-120 Kodim 0209/LB, rawat dna jagalah,ingatlah kami hadir untuk masyarakat, “sebut Pamen lama tugas di Kopassus.

Sementara Kadispenad Brigjen TNI Kristomei Sianturi, S.Sos., M.Si (Han), menyampaikan bahwa pembuatan 5 titik sumur bor air bersih di Selat Beting, sangat bagus sekali dan sangat membantu kelangsungan hidup manusia. Dimana selama puluhan tahun warga masyarakat disana sangat mendambakan air bersih layak konsumsi. Kasihan sekali mereka puluhan tahun konsumsis air sungai, air tadahan hujan dan air bekoan untuk MCK.

Untuk itu, kata Kadispenad TNI AD melalui Program Unggulan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, terus berupaya membantu mengatasi kesulitan masyarakat yang kekurangan air bersih layak konsumsi di seluruh Indonesia, khususnya yang ada diwilayah Desa Selat Beting.

Abituren Akmil 97 yang dibesarkan di satuan Kostrad, Para Raider ini menambahkan bahwa Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) terus menggelorakan Program yang dikenal dengan nama TNI AD Manunggal Air yang juga selaras dengan semangat penyelenggaraan KTT World Water Forum (WWF) ke-10 tahun 2024 di Bali, yang mengambil tema “Air Bagi Kemakmuran Bersama”.

“Dengan hadirnya TMMD 120 berkolaborasi dengan Pemda, Kodim 0209/LB menambah sasaran pembuatan 5 titik sumur bor air bersih layak konsumsi sangat tepat sasaran, “sebut Pati Bintang Satu pernah menjabat Asops Kasdam I/BB.

Hal senada disampaikan Ketua Tim Wasev TMMD 120 Kodim 0209/LB Kolonel Inf P. Marpaung,S.IP, M.Han, menyampaikan rasa harunya melihat kondisi masyarakat Desa Selat Beting, ternyata mereka semua ini selama ini menggunakan air sungai untuk kebutuhan hidup sehari-hari dan jikalau hujan deras turunlah baru menikmati air bersih. Mereka ini manusia normal butuh perhatian dan bantuan, ternyata sudah puluhan tahun merindukan air bersih.

“Saya melihat Program Unggulan kasad terkait penyediaan sumber air bersih sangat tepat sasaran, tepat sekali sasarannya, setelah saya lihat langsung dan mendengar keluhan warga mau menangis rasanya batin ini, sedih, terharu sekali,”ungkap Kol Marpaung seraya menambahkan fasilitas yang di berikan oleh bapak Kasad dapat di manfaatkan oleh masyarakat, agar dapat dijaga dan di rawat.

Sementara, Muktar Dalimunthe selaku Tokoh Masyarakat mengucapkan terimakasih atas terpilihnya desa Kami menjadi sasaran TMMD ke 120 tahun 2024 Kodim 0209/LB. Harapan Kami dengan adanya program TMMD ini dapat meningkatkan dan mempercepat pembangunan dan tarap hidup masyarakat di Desa Selat Beting. “Terimakasih bapak Kasad telah memberikan air bersih di desa kami, tanpa ada TMMD disini mungkin bisa saja seumur hidup kami gak pernah nikmati air bersih layak konsumsi, ” ungkapnya.

 

“Terimakasih Bapak Kasad, Terimakasih Bapak Kasad, Terimakasih Bapak Dandim, TMMD Datang Kami Bisa Dapat Air Bersih,” teriak masyarakat Selat Beting

Kini berkat kepedulian wanita tangguh dan Pamen TNi Peduli Rakyat,, Kabupaten Labuhanbatu yang berada pada jalur lintas timur Sumatra dan berada pada persimpangan menuju Sumatera Barat dan Riau, yang menghubungkan pusat-pusat perkembangan wilayah di Sumatra dan Jawa serta mempunyai akses yang memadai ke luar negeri karena berbatasan langsung dengan Selat Malaka masyarakatnya bangga dengan tugas dan kemampuan Plt Bupati Labuhan Batu yang sangat peduli dengan masyarakatnya tersebut.

Kabupaten memiliki Kesultanan Bilah yang beribu kota di Negeri Lama dan Kesultanan Panai yang beribu kota di Labuhan Bilik memiliki luas 2.561,38 km² dan pada tahun 2003 Kabupaten ini menjadi salah satu daerah kabupaten/kota dengan ekonomi terbaik se-Indonesia tersebut akan terus digenjot pembangunan wilayahnya demi mensejahterakan kehidupan masyarakatnya.

Di sembilam kecamatan,diantaranya Kecamatan Bilah Barat, Bilah Hilir, Bilah Hulu, Panai Hilir, Panai Hulu, Panai Tengah, Pangkatan
Rantau Selatan dan Rantau Utara, tersebut Hj Ellya Rosa Siregar, S.Pd., M.M si wanita tangguh tersebut terus berkolaborasi dengan TNI, khususnya TNI AD dalam menggelorakan Program Unggulan Kasad.

Peran wanita tangguh dijuluki Resilient Women Care for People and Development (Wanita Tangguh Peduli Rakyat dan Pembangunan) siap Menggelorakan Program Unggulan Kasad demi memajukan Bumi Ika Bina En Pabolo (ENC-Riyan)

Penulis adalah: Letkol Inf Yudy Ardiyan

                             Dansatgas TMMD Ke-                                   120 Kodim 0209/LB

 

 

Komentar

Baca Juga