oleh

Kapolres Batubara Kunjungi Istana Limalaras

EKSISNEWS, Batubara – Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis SH MH. Kunjungi Istana Limalaras di Desa Limalaras Kabupaten Batubara, Rabu (9/9/2020 ).

Kunjungan Kapolres disambut baik juru kunci Istana Limalaras (Kuncen) Datuk Muhamad Azminsyah (78) yang merupakan keturunan dari raja ke 12 Kerajaan Niat Limalaras, Datuk M.Yuda Sri Diraja.

Kerajaan Melayu yang berasal dari daerah Padang Sumatara Barat ini di dirikan pada masa kerajaan raja ke 11 yang pada masa Kejayaan Istana Limalaras dipimpin oleh Datuk M. Yuda Sri Diraja pada tahun 1907 yang awalnya kerajaan ini masih berbentuk sebuah rumah biasa.

Sri Diraja melahirkan putra mahkota yang bernama Datuk Roni bin M.Yuda Sri Diraja, pada masa kehayaan di raja ke 11 ini banyak sekali para kerajaan lain ingin merebut aset aset yang ada di wilaya pemerintahan Istana Niat Lima Laras. Hingga suatu ketika kerajaan ini mendapat serangan dari Kerajaan Boga yang ingin merebut pelabuhan Limalaras yang kita kenal sekarang adalah pelabuhan Tanjung tiram dan juga Pulau Padang.

Di masa raja Sri Diraja, yang tak pernah terkalakan ahirnya dapat menguasai seutuh nya darah Lima laras yang juga keseluruhan dari Kabupaten Batubara yang sekarang menjadi kota pemekaran dari kabupaten kota di Sumatra Utara.

Datuk Azminsyah adalah keturunan ke-3 dari Raja ke-12 Datuk Abdul Roni yang meninggal pada masa prang dunia ke-2 pada masa penjajahan Belanda pada saat itu. Setelah meninggal nya raja Istana Lima laras yang ke 12 sampai sekarang tidak ada lagi penerus kerajaan ini. Hingga saat sekarang Istana ini pun terbengkalai ,

Datuk Azminsya yang menjadi juru kunci Istana Lima laras sempat sedikit menjelaskan kalau dirinya dalam hal kedatangan Kapolres Batubara Ke Istana Limalaras sangat menyambut gembira dan terharu atas kedatangan orang nomor satu di jajaran Polres Batubara ini.

“Sekaligus saya berterimakasi atas bantuan sembako dan tali asih kepada saya jelas Datuk (kuncen). Niat yang terpancar tulus tentang apa yang sudah di utarakan kepada saya akan saya bawa mesyawara kepada saudara saudara saya yang juga keturunan dari Raja ke 12 istana lima laras nantinya,” ujar juru kunci Istana Limalaras ini.

Sementara Kapolres Batu bara AKBP Ikhwan Lubis Dalam kunjungan ke istana mengatakan niatnya disetujui oleh keluarga istan Limalaras ini.

“Saya berencana akan memugar istana dengan apa yang saya punya bukan atas keinginan orang lain. Namun nantinya akan saya niatkan istana ini untuk seluruh masyarakat yang ada di seluruh wilayah yang pernah menjadi kejayaan istana lima laras dahulu.

Dengan cara, istana ini akan dipungsikan untuk kegiatan agama kegiatan sosial dan membangkitkan kebudayaan yang pernah ada di Kabupaten Batubara ini. Setiap hari istana ini akan ada kegiatan tahviz qur lan dan setiap saat akan diisi para putra putri melayu, agar membudayakan budaya seni di istana ini. Bahkan setiap hari Jumatnya kita akan bersedekah kepada anak yatim piatu dan kaum duafa,” jelas Kapolres.

“Sementara untuk terlihat lebih baik rencana istana ini akan kita perbaiki sembari menunggu para dunatur yang akan ikut bergabung. Saya berharap semua ini dapat terwujud demi meneruskan situs budaya daerah dan mengedokasi para generasi penerus bangsa agar selalu mencintai budaya nya. Juga selain ini bisa terus mendekatkan diri kepada Tuhan yang Maha Esa, dan otomatis terhindar dari narkoba yang sanagat berbahaya bagi anak cucu kita.

Saya sedikit berpesan kepada semua, kita tidak perlu menjadi yang terbaik, namun bagaimana caranya kita harus selalu berbuat baik, harapan saya untuk semua,” tandas kapolres.(ENC-1/BI).

Komentar

Baca Juga