oleh

Putuskan Mata Rantai GTPP Covid-19 Sergai Lakukan Tindakan Preventif

-SERGAI-30 views

EKSISNEWS.COM, SERGAI – Dalam Press Statement Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Sergai, Bupati Sergai Ir H Soekirman mengatakan memasuki bulan kedua dalam percepatan penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Serdang Bedagai pihaknya terus melakukan tindakan preventif untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Tanah Bertuah Negeri Beradat.

“Warga masyarakat Kabupaten Serdang Bedagai yang saya cintai dan rekan-rekan Pers baik dari media cetak, online maupun televisi yang saya banggakan, Salam sehat untuk kita semua. Sampai dengan saat ini kita sudah memasuki bulan kedua dalam percepatan penanganan  Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Serdang Bedagai. Semenjak terbentuknya Gugus Tugas ini dan pasca ditetapkannya Kabupaten Serdang Bedagai masuk zona kuning dalam peta sebaran Covid-19 Gugus Tugas Provinsi Sumatera

Utara. Maka Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Serdang Bedagai terus melakukan tindakan preventif untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Tanah Bertuah Negeri Beradat ini,” ucap Bupati Sergai Ir H Soekirman.

Selain itu Bupati juga menyebutkan di tengah bencana nasional non-alam wabah covid-19, masyarakat Kabupaten Serdang Bedagai juga beberapa waktu yang lalu ditimpa oleh musibah yaitu bencana alam angin puting beliung. Bencana alam ini terjadi di beberapa Kecamatan yaitu di Kecamatan Perbaungan, Pantai Cermin, Pegajahan Teluk Mengkudu dan Tebing Syahbandar.

“Bencana ini mengakibatkan kerugian materil yaitu rusaknya ratusan rumah warga, baik ringan maupun rusak berat. Jika dirinci, ratusan titik kerusakan yang diakibatkan bencana angin puting beliung tersebut terdapat di 8 desa yaitu di Kecamatan Perbaungan, sebanyak 6 desa di Kecamatan Pantai Cermin, kemudian ada 3 desa di Kecamatan Teluk Mengkudu dan masing-masing 1 Desa di Kecamatan Pegajahan dan Tebing Syahbandar. Total kerusakan yang terdata sebanyak 248 bangunan/rumah baik yang mengalami kerusakan ringan maupun kategori rusak berat,” ungkapnya.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 bersama unsur Forkopimda yang dikomandoi oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serdang Bedagai bereaksi cepat dengan melakukan peninjauan dan langsung menyalurkan bantuan berupa paket sembako serta material/bahan bangunan kepada para korban yang tertimpa musibah. Respon cepat dan tanggap oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 ini, dilakukan sesaat atau pada kesempatan pertama setelah bencana terjadi.

“Tentunya seraya memberikan semangat kepada masyarakat yang menjadi korban untuk tetap tabah dan sabar serta semoga bisa segera bangkit dari musibah. Warga masyarakat Kabupaten Serdang Bedagai yang saya cintai dan rekan-rekan media yang saya banggakan, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Serdang Bedagai. Sampai dengan saat ini masih dan terus menerima donasi berupa bahan-bahan makanan pokok (sembako) dan Alat Pelindung Diri (APD) dari para donatur, baik pengusaha, Pemerintah  Provinsi, Kelompok dan Organisasi maupun warga yang berempati terhadap bencana non alam pandemi covid-19 yang sedang dihadapi oleh masyarakat Kabupaten Serdang Bedagai,” jelasnya.

Semua bantuan yang diterima oleh Posko Gugus Tugas segera didistribusikan kepada masyakat yang terdampak dengan mekanisme yang transparan, akuntabel dan tepat  sasaran. Hal ini dibuktikan dengan terdatanya secara lengkap pihak-pihak pemberi donasi dan masyarakat penerima bantuan secara administratif di Posko Gugus Tugas.

“Kami tidak pernah lelah mengimbau masyarakat agar tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan dengan menjaga kebersihan diri, rajin mencuci tangan dengan sabun, gunakanlah masker setiap beraktivitas di luar rumah, rutin berolahraga serta makan makanan yang bergizi untuk menjaga keseimbangan dan immunitas tubuh, dan jangan lupa stay at home, tetap di rumah saja untuk meminimalisir penyebaran Covid-19. Saya juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Serdang Bedagai yang ada di Kabupaten ini serta yang berada di luar daerah agar tidak mudik pada momen bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1441 H nanti.Warga masyarakat Kabupaten Serdang Bedagai yang saya cintai dan rekan-rekan media yang saya banggakan. Selanjutnya dalam waktu dekat, Pemkab Sergai bekerjasama dengan Tiga Pilar Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) yaitu DPRD, TNI dan Kepolisian akan menyalurkan bantuan yang berasal dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Untuk Kabupaten Serdang Bedagai ditujukan kepada 51.084 Kepala Keluarga, datanya sudah terverifikasi oleh Dinas Sosial Kabupaten Serdang Bedagai. Bantuan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara ini yaitu berupa paket sembako,” terangnya.

Adapun paket sembako tersebut masing-masing terdiri dari beras IR 64 sebanyak 10 kg, minyak goreng dalam kemasan 2 kg, gula pasir 1 kg, mie instan dan susu kental manis yang jika ditotalkan setara nilainya dengan Rp 225.000. Bantuan berupa sembako dari Pemprovsu ini mulai didistribusikan hari Senin (18/5) oleh Induk Koperasi TNI Angkatan Darat (Inkopad) ke 8 kecamatan dan 9 kecamatan lainnya akan ditangani oleh Induk Koperasi Kepolisian (Inkoppol). Kami berharap kerja sama dan koordinasi yang terintegrasi antara 3 pilar Forkopimda dalam penyaluran bantuan yang didukung oleh seluruh unsur Forkopimcam (Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan) di 17 Kecamatan Kabupaten Serdang Bedagai. Demikian juga hendaknya, ada keterlibatan Kepala Desa dan Kepala Dusun, dapat mengambil bagian dalam pendistribusian dengan tepat sasaran.

“Harapan saya tentunya semua  masyarakat yang terdampak dan terdaftar sebanyak 51.084 KK tersebut dapat menerima bantuan ini. Selanjutnya, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Serdang Bedagai dalam waktu dekat juga akan menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang berasal  dari Dana Desa di 17 Kecamatan pada 237 Desa di Sergai,” urainya.

Hal ini akan difasilitasi oleh  Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Sergai sesuai data yang sudah terverifikasi sebanyak 19.789 KK Penerima Dana BLT. BLT akan diprioritaskan kepada masyarakat yang mengalami penurunan atau bahkan kehilangan pemasukan sama sekali. Masyarakat yang tergolong sebagai “miskin baru” ini mungkin belum

menerima bantuan apa-apa dari pemerintah, entah itu penerima PKH, BST dan yang lainnya. Untuk jumlah BLT, per kepala keluarga (KK) akan menerima sejumlah Rp600.000,- (enam ratus ribu rupiah) selama 3 bulan yaitu April, Mei dan Juni.

Sebanyak 10 Desa di 2 kecamatan yaitu Kecamatan Dolok Masihul ada 9 desa dan Kecamatan Pegajahan 1 desa, BLT-nya akan disalurkan kepada masyarakat pada tanggal 20 Mei 2020. Sedangkan sisanya sebanyak 227 Desa di 17 Kecamatan, penyaluran BLT nya akan berproses di bulan Mei ini juga.

“Kita berharap tentunya penyaluran ini tepat sasaran karena data yang ada sudah diverifikasi dan telah dimusyawarahkan oleh unsur Pimpinan Kecamatan, Desa maupun Dusun lewat pertemuan yang juga melibatkan tokoh-tokoh masyarakat,” ujarnya.

Selain kedua bantuan di atas, Kementerian Sosial juga akan menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) yang datanya juga sudah diverifikasi dan divalidasi oleh Kemensos dgn jumlah penerima sebanyak 13.938 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) untuk penyaluran tahap 1.Mari kita kawal bersama penyaluran bantuan ini. Bagi masyarakat yang termasuk kriteria penerima bantuan-bantuan di atas namun belum terdata, dapat melaporkan ke Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid19. Kabupaten Sedang Bedagai

Untuk bantuan yang berasal dari para Donatur baik dari dalam Kabupaten Sergai maupun luar Kabupaten seperti organisasi dan pengusaha, berdasarkan laporan terakhir per tanggal 15 Mei 2020 tercatat ada 67 perusahaan, lembaga, organisasi yang mengirimkan bantuan dan telah disalurkan kepada 186 kelompok masyarakat. Pada bulan April lalu, Posko Gugus Tugas juga menerima bantuan APD dari Gugus Tugas Covid-19 Sumut, dan telah disalurkan ke 20 Puskesmas dan 4 RS di Sergai.

Warga masyarakat Sergai yang kami cintai dan rekan media yang kami banggakan, Kita sudah memasuki minggu terakhir di Bulan Ramadhan dan akan menyambut Perayaan  Idul Fitri 1441 H. Terkait penyelenggaraan ibadah bersama Sholat Idul Fitri tahun ini dapat tetap dilaksanakan di Mesjid-Mesjid, namun tetap mengutamakan aspek kesehatan dengan memperhatikan protap pencegahan penularan Covid19. Hal ini agar menjadi perhatian bagi seluruh pengurus Mesjid yang menyelenggarakan Sholat Idul Fitri bersama nantinya,” katanya.

Sedangkan untuk pelaksanaan Sholat Idul Fitri resmi bersama pemerintah di lapangan berdasarkan Tausiah MUI untuk tahun ini tidak kita adakan. Kiranya silaturahmi Idul Fitri juga dapat terlaksana dengan memperhatikan disiplin protokol kesehatan dan imbauan pemerintah atau dapat juga dilakukan secara digital melalui berbagai aplikasi video conference yang saat ini dapat digunakan.

“Terakhir, saya juga menyampaikan kondisi terkini sebaran Covid-19 di Kabupaten Sergai berdasarkan data yang ada dari Gugus Tugas per tanggal 18/05/2020 pukul 19.00 WIB, diperoleh data sebagai berikut:

Warga yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 17 orang, sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 3 orang. Selanjutnya Orang Tanpa Gejala (OTG) berjumlah 9 orang dan Positif Covid19 sebanyak 1 orang yang dinyatakan sudah meninggal dunia beberapa waktu yang lalu. Melihat kondisi terkini tersebut, kami mengajak seluruh unsur masyarakat, mari kita sama-sama melakukan aksi preventif untuk menjamin Kabupaten kita ini tetap dalam keadaan aman, nyaman dan tidak beranjak dari status zona kuning dengan tidak bertambahnya warga kita yang terpapar positif Covid-19. Sayangi diri kita, sayangi keluarga, sayangi masyarakat Kabupaten Sergai. Lawan Covid-19, kita bisa..!

Semoga musibah ini cepat berlalu dan kita dapat kembali beraktivitas seperti biasa. Mengakhiri press statement ini Kami mengucapkan Selamat Menyambut Hari Raya Idul  Fitri 1441H Mohon Maaf Lahir dan Batin, mari kita doakan supaya wabah ini segera berakhir di Kabupaten Sergai dan di Indonesia secara umumnya, serta kita menyongsong kemenangan di hari yang fitri,” pungkasnya. (ENC- NZ)

Komentar

Baca Juga